Kompetensi Utama

Layanan


Ini Fungsi Satelit Resolusi Penginderaan Jarak Jauh Bikinan Lapan
Penulis : NN • Media : Harianjogja.com • 29 Jan 2016 • Dibaca : 35357 x ,

Teknologi terbaru satelit resolusi penginderaan jarak jauh buatan Lapan ternyata memiliki banyak manfaat.

Harianjogja.com, JAKARTA — Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan), menyerahkan data satelit resolusi tinggi kepada Instansi Pemerintah dan Pemda serta peluncuran Katalog Data Satelit Nasional.

Salah satu manfaat penggunaan teknologi terbaru data satelit resolusi tinggi adalah untuk mendeteksi dan pemantauan daerah pertambangan. Tak hanya itu, penggunaan satelit resolusi tinggi ini juga bisa untuk memantau bencana alam.

“Manfaat satelit banyak, contohnya melihat bencana seperti memantau semua gunung api, termasuk Gunung Sinabung yang meletus waktu itu,” ungkap Deputi Penginderaan Jauh Lapan Orbita Roswintiarti, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (28/1/2016).

Selain itu, teknologi terbaru satelit resolusi tinggi ini juga bisa memantau kebakaran hutan. “Kebakaran hutan bisa kita lihat, itu kapan terjadinya, sekarang atau tahun lalu. Bahkan kita pantau sehari dua kali,” ujar Orbita.

“Pantauan titik-titik api setelah didapat kita langsung serahkan ke BNPB, LHK, Menkopolhukam, dan pihak-pihak terkait lainnya,” lanjutnya.

Penginderaan jauh, kata Orbita, juga bisa memantau segala macam sumber-sumber daya alam yang ada di Indonesia. “Kita juga bisa memonitor Sumber Daya Alam (SDA) karena SDA kita sangat kaya. Ada hutan, perkebunan, pertanian, dan kelautan,” ucapnya.

Salah satu manfaat satelit resolusi tinggi yang terakhir adalah untuk dapat menghitung nilai objek pajak. “Salah satu contohnya adalah perubahan status dari hutan alami menjadi hutan produksi, itu nilai pajaknya berbeda. Lalu juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) karena terkadang masyarakat tidak melaporkan perubahan rumahnya, padahal jika berubah maka nilai pajaknya bisa meningkat,” tukas Orbita.

“Apabila ada teman-teman daerah mau bikin airport, kita juga bisa kasih tahu lokasi yang pas di mana. Kita juga sudah kerja sama dengan Polri bikin MoU untuk dapat mendukung Polri dalam melihat arus mudik lebaran,” tutupnya.

sumber :
http://m.harianjogja.com/baca/2016/01/29/teknologi-terbaru-ini-fungsi-satelit-resolusi-penginderaan-jarak-jauh-bikinan-lapan-685430








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL