Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Serahkan Data Satelit ke Sejumlah Instansi
Penulis : Wilda Fizriyani • Media : republika.co.id • 29 Jan 2016 • Dibaca : 30339 x ,

JAKARTA -- Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) menyatakan, saat ini Indonesia sangat membutuhkan citra satelit beresolusi tinggi. Oleh sebab itu, Lapan pun mulai menyerahkan data satelit penginderaan jauh berresolusi tinggi ke sejumlah lembaga dan pemerintah daerah.

"Lapan menyerahkan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi kepada sembilan kementerian/lembaga pemerintah dan 49 pemerintah daerah," ungkap Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Lapan, Jasyanto, melalui keterangan persnya, Rabu (27/1). Dia juga menambahkan, kebutuhan ini selalu meningkat setiap tahunnya.

Jasyanto menerangkan, data citra satelit ini sangat diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasional. Data ini digunakan untuk mengidentifikasi objek dan pemetaan skala 1:2.500.

Agar bisa memenuhi kebutuhan tesebut, Jasyanto menjelaskan, Lapan pun berupaya menyediakan citra satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi. Citra ini dengan resolusi 60 sentimeter atau kurang. Menurut Jasyanto, penyediaan citra satelit ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012.

Berkenaan dengan citra satelit beresolusi tinggi ini, Jasyanto menjelaskan, citra ini diperoleh melalui stasiun bumi penginderaan jauh Lapan yang berada di Parepare. Selain citra satelit beresolusi tinggi, Lapan juga menerima secara langsung citra satelit beresolusi menengah untuk kebutuhan pemantauan skala menengah.

Menurut Jasyanto, citra dari satelit Landsat-7 dan Landsat-8 tersebut saat ini telah diproses Lapan. Upaya ini dilakukan demi menghasilkan cloud free mosaic image (mozaik citra bebas awan) untuk seluruh wilayah Indonesia.

Di samping itu, Jasyanto menambahkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) pada 2015. Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi sangat tinggi dengan total luas area sekitar 930.000 km persegi. Citra tersebut dapat digunakan oleh seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk berbagai aplikasi.

Sementara, dari sisi penggunaan anggaran, kata Jasyanto, pengadaan citra dilakukan satu pintu melalui Lapan. Cara ini dinilai bisa meningkatkan efisiensi anggaran negara dalam pengadaan citra. Selain itu, dia melanjutkan, pengerjaan satu pintu diharapkan dapat mencegah duplikasi terhadap citra penginderaan jauh yang diadakan.


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/16/01/28/o1ni4b11-lapan-serahkan-data-satelit-ke-sejumlah-instansi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL