Kompetensi Utama

Layanan


Belajar Satelit, Mahasiswa Universitas Telkom Kunjungi LAPAN
Penulis Berita : Humas/Fir • Fotografer : Humas/Fir • 29 Jan 2016 • Dibaca : 20597 x ,

Mahasiswa Universitas Telkom memperoleh paparan mengenai satelit LAPAN.

Sebanyak 15 mahasiswa yang tergabung dalam I-Satellite Society Universitas Telkom berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN di Rancabungur, Bogor, Jumat (29/1).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bagian Administrasi Pusteksat, Dian Yudistira, memaparkan mengenai sejarah perkembangan Pusteksat. Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Iwan Faisal, memaparkan mengenai Satelit LAPAN-A2/ORARI. Ia mengatakan bahwa, satelit ini membawa tiga misi yaitu pemantauan bumi, komunikasi radio amatir, dan pemantauan kapal.

LAPAN-A2 telah dilncurkan pada 28 September 2015 dari Shriharikota, India. Satelit ini telah melewati masa pengujian Launch and Early Orbit Phase/In Orbit Test (LEOP /IOT). Saat ini fungsi-fungsi satelit telah berjalan dengan baik.

Abdul Karim melanjutkan, satelit ini dilengkapi dengan Automatic Identification System (AIS), yaitu alat yang berfungsi untuk memantau kapal laut. Alat ini sudah dipergunakan untuk mengumpulkan jutaan pesan dari kapal laut. Satelit juga dilengkapi dengan Automatic Packet Reporting System (APRS) yang berfungsi untuk komunikasi radio amatir dengan cakupan antara enam derajat lintang utara hingga enam derajat lintang selatan.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas yang ada di Pusat Teknologi Satelit. Para mahasiswa mengujungi antara lain ruang perakitan dan pengujian satelit, laboratorium elektronik, optik, dan kontrol, serta stasiun bumi untuk melihat proses tracking satelit.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL