Kompetensi Utama

Layanan


Wapres Ingin Berkunjung ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sgd • 01 Feb 2016 • Dibaca : 30668 x ,

Wakil Presiden RI saat berkunjung ke gerai pameran LAPAN di Rakernas Kemenristekdikti.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengunjungi gerai pameran LAPAN di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Banten, Senin (1/2).

Saat kunjungan, Wakil Presiden didampingi antara lain oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), dan Gubernur Banten.

Dalam kunjungan ini, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto, memaparkan kepada Wakil Presiden mengenai tugas LAPAN terkait penelitian teknologi penerbangan dan antariksa. Ia mengatakan bahwa LAPAN telah mengembangkan pesawat tanpa awak atau LAPAN Surveillance UAV (LSU). Pesawat tanpa awak yang dikembangkan LAPAN yaitu LSU 01, LSU 02, LSU 03, dan LSU 05.

LSU 03 bahkan telah memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pesawat tanpa awak yang terbang terjauh menempuh jarak 340 kilometer dengan waktu tempuh tiga jam 39 menit.

Jasyanto melanjutkan, LAPAN juga telah meluncurkan satelit LAPAN-A2/ORARI pada September 2015. Satelit ini membawa muatan untuk mengidentifikasi kapal laut dengan menggunakan Automatic Identification System (AIS), komunikasi radio amatir, dan pemantauan permukaan bumi.

Wakil Presiden, dalam kunjungan tersebut, menanyakan mengenai proses produksi pesawat tanpa awak. Ia menyatakan keinginannya untuk berkunjung dan mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN.

Pameran diikuti oleh Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang dikoordinasikan Kemenristekdikti, perguruan tinggi, industri strategis, dan swasta terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi. Pameran ini merupakan bagian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang berlangsung pada 31 Januari hingga 2 Februari 2016. Tema rakernas kali ini yaitu Membangun Sinergi Ristek Dikti untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa.

Jusuf Kalla saat membuka Rakernas, mengatakan bahwa rakernas dimaksudkan sebagai langkah atau tindakan konkret Kemenristekdikti dan unsur terkait untuk menuntaskan program atau kegiatan prioritas 2016 sekaligus menyiapkan rancangan kebijakan 2017.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL