Kompetensi Utama

Layanan


Sambut Gerhana Matahari Total, LAPAN Lakukan Hitung Mundur
Penulis : Nur Hidayat • Media : Gatra.com • 17 Jan 2016 • Dibaca : 16014 x ,

Jakarta, GATRAnews - Fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) akan hadir di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang. “Indonesia menjadi satu-satunya daratan yang dilalui GMT,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dalam acara Hitung Mundur GMT 2016 di Kantor LAPAN di bilangan Jakarta Timur (14/1).

Gerhana total itu diprediksi terjadi di 11 provinsi di Indonesia: Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Babel, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumatera Selatan), Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate, dan Halmahera (Maluku Utara). Lebar jejak gerhana membentang sejauh 100-155 kilometer.

Selain itu, sejumlah daerah lain juga bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Kota-kota tersebut antara lain: Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon. Dengan kata lain hampir seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan GMS. GMT tersebut hanya berlangsung sekitar 1,5 sampai tiga menit saja.

Waktu terlama diperkirakan berlangsung di Luwuk yakni 2 menit 50 detik. Makin ke wilayah Timur, durasi GMT semakin panjang. GMT berlangsung pada pagi hari, yakni pukul 6.20 di Indonesia Barat, pukul 7.25 di Indonesia Tengah, dan pukul 8.36 di Indonesia Timur.

Indonesia akan menjadi tempat terbaik dan menarik untuk memantau fenomena GMT. GMT Indonesia terakhir terjadi pada 24 Oktober 1995 lalu. Walaupun sangat singkat (hanya dua menit) dan hanya melintasi pulau kecil di ujung utara Indonesia, Pulau Sangihe di Sulawesi Utara.

GMT 1995 ini merupakan GMT yang terakhir yang melintas Indonesia pada abad ke-20 ini. Gerhana seperti ini diperkirakan baru akan terulang kembali di Indonesia 350 tahun lagi.

sumber :
http://www.gatra.com/iltek/sains/182612-sambut-gerhana-matahari-total-lapan-lakukan-hitung-mundur








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL