Kompetensi Utama

Layanan


Rakernas Kemenristekdikti: Inovasi Harus Ditingkatkan
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : dok. Ristekdikti • 01 Feb 2016 • Dibaca : 7708 x ,

Wakil Presiden RI membuka rakernas.

Teknologi mencegah ketidakstabilan dan kesenjangan suatu negara. Untuk itu, inovasi harus terus ditingkatkan dan Indonesia harus menjawab masa depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Serpong, Banten, Senin (1/2).

Rakernas bertema bertema Membangun Sinergi Ristek dan Dikti untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa tersebut berlangsung pada 31 Januari hingga 2 Februari 2015 di Pusat Penelitian dan Pengembangan Iptek (Puspiptek), Serpong, Banten.

Wakil Presiden mengatakan bahwa riset teknologi harus didukung universitas sehingga harus ada sinergi antara riset teknologi yang dilakukan pemerintah dengan universitas.

Sementara itu, dalam laporannya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, mengatakan bahwa untuk mengimbangi tuntutan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), Indonesia harus melaksanakan transformasi untuk meningkatkan sumber daya dan kapasitas iptek nasioal. Caranya yaitu dengan meningkatkan kapasitas kelembagaan dan jaringan sumber daya iptek, memperkuat sistem inovasi, serta meningkatkan pemanfaatan hasil riset untuk daya saing.

Rakernas ini untuk membahas agenda pembangunan Indonesia berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Ketiga 2015-2019. Tujuannya yaitu untuk memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian dengan berbasis pada Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia, SDM yang berkualitas, serta kemampuan iptek.

Dalam Rakernas ini, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Rika Andriarti, menjadi wakil ketua komisi III. Komisi ini mengkaji peningkatan kualitas, kuantitas, dan sinergitas sumber daya iptek dan pendidikan tinggi.

Rakernas diikuti oleh berbagai Lembaga Pemerintah Nonkementerian, universitas, BUMN, dan berbagai mitra. Selain rapat kerja, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pameran dengan berbagai tema yaitu pangan, energi, teknologi informasi dan komunikasi, transportasi, kesehatan, pertahanan dan keamanan, serta material maju dan seni.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL