Kompetensi Utama

Layanan


Tujuh Instansi Kerja Sama Peringatan Dini Banjir dan Longsor
Penulis Berita : Humas/MN • Fotografer : Humas/MN • 11 Feb 2016 • Dibaca : 8425 x ,

Perwakilan ketujuh instansi berfoto bersama.

Banjir dan pergerakan tanah (longsor) merupakan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Hal ini dapat terjadi secara alamiah, bisa juga karena ulah manusia.

Penyebabnya antara lain penebangan hutan secara ilegal, hujan deras yang berlangsung lama, meluapnya debit air sungai atau laut, menumpuknya sampah pada saluran air, berkurangnya tanah resapan, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menanam kembali hutan yang gundul.

Untuk meminimalisasi dampak bencana alam tersebut, diperlukan teknologi, salah satunya dengan pemanfaatan data penginderaan jauh. Penginderaan jauh yang dilakukan LAPAN selama ini telah dimanfaatkan untuk pemantauan lingkungan dan mitigasi bencana, misalnya untuk pemantauan banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan gunung api.

Hal tersebut yang melatarbelakangi penandatanganan perjanjian kerja sama antara LAPAN dengan BNPB, BMKG, BPPT, BIG, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian ESDM. Penandatanganan berlangsung di Gedung II BPPT, Jakarta, (10/2).

Selain untuk penanganan bencana, data penginderaan jauh LAPAN juga dapat dimanfaatkan untuk sumberdaya wilayah darat, misalnya pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan. Contoh pemanfaatan lainnya yaitu untuk sumberdaya wilayah pesisir dan laut, seperti menyusun parameter oseanografis dan pemantauan ekosistem pesisir dan laut.

LAPAN memiliki data penginderaan jauh dengan berbagai resolusi, mulai resolusi rendah, menengah, hingga tinggi.

Penandatanganan naskah kerja sama tersebut dihadiri oleh Inspektur Utama BNPB Drs. Bintang Susmanto, NAk,MBA., Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT Prof.Ir.Wimpie Agoeng Nugroho Aspar, MSc, PhD., dan Deputi Bidang Instrumentasi Kalibrasi Rekayasa Jaringan dan Komunikasi, Drs. Untung Merdijanto, MSi., Sedangkan dari LAPAN diwakili oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr. M. Rokhis Khomarudin, SSi, MSi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL