Kompetensi Utama

Layanan


BIMTEK Pengolahan Data Satelit dan Penginderaan Jauh Tingkat Dasar
Penulis Berita : Humas/RZ • Fotografer : Humas/RZ • 11 Feb 2016 • Dibaca : 35762 x ,

Kabid Diseminasi, Rubini Jusuf saat memberikan pemaparannya mengenai penginderaan jauh LAPAN

LAPAN selenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada 20 mahasiswa dan 1 Dosen Pembimbing dari Program Studi Ilmu Tanah dan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Bimtek ini diselenggarakan di Pustekdata, Pekayon (11-12/02) dengan tema “Pengolahan Data Satelit dan Penginderaan Jauh Tingkat Dasar”. Bimtek ini merupakan pembinaan pemanfaatan data penginderaan jauh melalui pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh LAPAN.

Kapustekdata LAPAN, Dedi Irawadi, dalam sambutannya, berharap dengan adanya bimtek ini mahasiswa diharapakan dapat memahami teknologi data citra satelit dan pemanfaatannya di berbagai sektor yang dapat dimanfaatkan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pusat.

Sesuai dengan tugas dan fungsinya LAPAN telah menyediakan data dan informasi penginderaan jauh sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan, dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. Hal ini juga diperkuat dengan telah disahkannya Undang-Undang No.21 Tahun 2013 tentang keantariksaan.

Sementara itu, Ketua Jurusan Program Studi Ilmu Tanah Universitas Andalas, Prof Dian Fiantis mengatakan Bahwa “Mahasiswa wajib untuk serius dalam mengikuti kegiatan bimtek ini”. Ia melanjutkan, dengan adanya Bimtek ini Mahasiswa dapat memahami lebih detail mengenai teknologi penginderaan jauh serta pemanfaatannya mulai dari penerimaan, perekaman, pengolahan dan pendistribusian data citra satelit, ujarnya.

Saat ini LAPAN memiliki berbagai data satelit mulai dari resolusi rendah (Terra /Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop MTSAT-1R), data resolusi menengah (Landsat-7 dan Landsat-8), resolusi tinggi (SPOT-5,SPOT-6,SPOT-7) dan data resolusi sangat tinggi (Pleiades 1A/1B, Quick Bird, Worldview,Geo Eye).

“Berbagai aplikasi data informasi penginderaan jauh antara lain sebagai monitoring sumber daya alam dan lingkungan (sedimentasi), monitoring kebencanaan, monitoring daerah pertambangan, peta dasar, pertahanan dan keamanan, perubahan iklim dan kepentingan nasional lainnya” ujar Kabid Diseminasi Pustekdata, Rubini Jusuf saat memberikan pemaparan mengenai penginderaan jauh yang dilakukan LAPAN.

Bimtek ini berlangsung selama dua hari dan LAPAN telah menyiapkan berbagai materi seperti pengenalan teknologi penginderaan jauh, pengolahan citra digital, pengenalan perangkat lunak dan instalasi software dan copy data. Tidak hanya itu saja, LAPAN juga memberikan praktikum mengenai pengolahan citra satelit Landsat-8 menggunakan perangkat lunak otomatisasi LAPAN.

Untuk hari selanjutnya Mahasiswa akan diberikan materi mengenai pemanfaatan penginderaan jauh , pengenalan inteprestasi obyek dari citra landsat-8, pengolahan indeks vegetasi untuk lahan pertanian dan pengolahan change detection untuk analisa bencana dari citra landsat-8.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL