Kompetensi Utama

Layanan


BKPMD Sulsel manfaatkan penginderaan jauh tingkatkan investasi
Penulis : Daniel • Media : Antarasulsel.com • 17 Feb 2016 • Dibaca : 26160 x ,

Sistem penginderaan jauh ini untuk memberikan informasi sumber daya alam...

Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulawesi Selatan memanfaatkan penginderaan jauh untuk meningkatkan investasi di wilayah ini.

"Sistem penginderaan jauh ini untuk memberikan informasi sumber daya alam yang dimiliki Sulsel seperti sektor perikanan, kehutanan dan sebagainya, yang lebih komprehensif sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan investasi di Sulsel," kata Kepala Bidang Pengembangan Penanaman Modal BKPMD Sulsel Mukhlis usai Sosialiasi Pengenalan Penginderaaan Jauh Pemanfaatannya untuk Peningkatan Investasi, di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan BKPMD Sulsel telah memiliki Sistem Pembangunan Bumi Nasional (SPBN) dengan model stasiun "room".

"Pihak SKPD dan swasta juga bisa memanfaatkan sistem ini," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Orbita Roswintiarti mengatakan informasi yang diperoleh dengan sistem penginderaan jauh ini dapat menjadi acuan bagi SKPD dan swasta untuk melihat peluang yang ada di Sulsel, khusus di sektor kehutanan, pertanian, perikanan dan perkebunan.

"Di sektor perikanan misalnya, sistem ini dapat digunakan untuk mengetahui lokasi populasi ikan terkonsentrasi," tuturnya.

Orbita mengatakan alat pemantau ini berupa satelit yang terdapat di LAPAN. Hanya terdapat tiga fasilitas pemantau semacam ini di Indonesia, salah satunya terdapat di Kota Parepare, Sulsel.

"Keakuratan data pemantauan ini mencapai 90 persen," katanya.

Sumber :
http://www.antarasulsel.com/berita/72104/bkpmd-sulsel-manfaatkan-penginderaan-jauh-tingkatkan-investasi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL