Kompetensi Utama

Layanan


Gerhana Matahari Tak Akan Terulang Dua Kali
Penulis : Ursula Florence • Media : Tempo.co.id • 15 Feb 2016 • Dibaca : 9016 x ,

TEMPO.CO, Jakarta - Fenomena gerhana matahari ternyata tak akan terulang dua kali di tempat yang sama. Meski dapat berulang, tenryata tempatnya selalu berbeda.

"Gerhana tipe yang sama akan kembali lagi, tapi lintasannya akan bergeser," kata Rhorom Priyatikanto dari LAPAN ketika berkunjung ke kantor Tempo beberapa waktu lalu. Karena itu, mustahil suatu kota mengalami gerhana matahari yang terulang kembali.

Avivah Yamani dari Komunitas Langit Selatan membenarkan pernyataan Rhorom. Menurut dia, tak pernah ada catatan suatu gerhana matahari kembali lagi ke tempat yang sama. "Kalaupun ada yang tempatnya sama, pasti tipe gerhananya berbeda," kata dia.

Gerhana matahari sediri memang terbagi menjadi beberapa tipe. Pertama, ada gerhana matahari total (GMT), di mana bulan tampak lebih besar dari matahari saat fenomena berlangsung. Lalu, ada gerhana sebagian, di mana piringan bulan tak secara sempurna menutupi matahari, sehingga masih ada bagian yang terlihat. Ada pula gerhana matahari cincin yang sama seperti sebagian, namun permukaan matahari yang tampak lebih kecil ketimbang saat sebagian.

Pada 2016 ini, gerhana matahari diperkirakan akan terjadi sebanyak dua kali. Gerhana pertama akan terjadi pada 9 Maret, sedangkan gerhana kedua terjadi pada 1 September.

Gerhana pertama 2016 akan melintasi negara yang terdapat di Asia Timur, Australia, dan Pacific. Gerhana matahari 9 Maret ini akan melintasi Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi yang berada di wilayah negara Indonesia dan kawasan Pacific.

Sedangkan gerhana matahari kedua yang akan terjadi pada 2016 adalah gerhana matahari Cincin yang diperkirakan terjadi 1 September 2016. Gerhana kedua di tahun ini tidak lagi melintasi wilayah Asia, terutama Indonesia. Gerhana matahari cincin diperkirakan akan melintasi wilayah Benua Afrika dan Samudera Hindia.

Sumber :
https://tekno.tempo.co/read/news/2016/02/15/061745022/gerhana-matahari-tak-akan-terulang-dua-kali








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL