Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN: Hubungan Gerhana Matahari Total dan Gempa Masih di Teliti
Penulis : Tsalisa Nur Aini • Media : rri.co.id • 18 Feb 2016 • Dibaca : 13545 x ,

KBRN, Jakarta : Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rhohim Priyantoko mengatakan, masih dalam perdebatan hubungan Gerhana Matahari Total (GMT) dengan Gempa yang akan terjadio saat GMT muncul.

"Masih dalam perdebatan di ilmuwan, karena gerhana matahari terjadi ketika fase bulan baru dan ada yang punya catatan jika bulan muncul ada kecenderungan terjadi gempa dengan skala kecil, 5 hingga 6 skala ritcher namun ada juga yang tidak begitu, jadi ini masih dalam penelitian," jelasnya dalam dialog Indonesia hari ini bersama TVRI di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Sementara itu BMKG akan meneliti kegempaan yang terjadi untuk GMT 2016. Penelitian tersebut akan dilakukan pada 9 Maret 2016. BMKG memilih Poso, Sulawesi Tengah, sebagai lokasi penelitian efek gravitasi dan kegempaan karena daerah tersebut juga termasuk patahan yang rawan gempa.

Selain itu BMKG juga akan melakukan pengamatan GMT dengan teropong di sejumlah lokasi, di antaranya Ternate, Tanjung Pandang, Muko-muko (Bengkulu).

Sementara pengukuran medan magnet bumi saat GMT, lanjutnya, juga akan dilakukan di Jayapura (Papua), Tangerang (Banten), Pelabuhan Ratu (Jawa Barat).

Sumber :
http://www.rri.co.id/post/berita/249249/ruang_publik/lapan_hubungan_gerhana_matahari_total_dan_gempa_masih_di_teliti.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL