Kompetensi Utama

Layanan


Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Belajar Cara Memanfaatkan Data Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Humas/Jim • Fotografer : Humas/Jim • 24 Feb 2016 • Dibaca : 24264 x ,

Peneliti LAPAN memaparkan mengenai data satelit penginderaan jauh yang diterima LAPAN.

Universitas Jenderal Soedirman mengunjungi Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN di Pekayon, Jakarta Timur, Rabu (24/2). Rombongan terdiri dari 41 mahasiswa dan dua dosen jurusan matematika. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan di bidang penginderaan jauh.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Rubini Yusuf, dalam kunjungan tersebut, memaparkan mengenai organisasi LAPAN. Ia menjelaskan bahwa LAPAN memiliki dua kepusatan terkait penginderaan jauh yaitu Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh serta Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diajak untuk mengunjungi berbagai fasilitas di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh seperti ruang pelayanan data, stasiun bumi, dan pusat data. Selanjutnya, mahasiswa juga memperoleh pengetahuan dari peneliti LAPAN, Andie Setiyoko, mengenai sistem akuisisi, pengelolaan, dan distribusi data penginderaan jauh. Mereka juga memperoleh materi mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dari peneliti LAPAN, Fajar Yulianto.

Materi yang dijelaskan oleh Andie Setiyoko yaitu kewajiban yang dilakukan oleh LAPAN terkait penyediaan data penginderaan jauh. Ia juga menjelaskan mengenai proses pengambilan atau pengunduhan gambar melalui satelit dan prosedur pengunduhan gambar oleh pengguna atau konsumen.

Sementara itu, materi yang dijelaskan oleh Fajar Yulianto, yaitu mencakup, sistem pemantauan bumi nasional, sistem informasi mitigasi bencana alam, sistem informasi sumber daya alam dan lingkungan, hasil pemanfaatan penginderaan jauh yang meliputi sumberdaya wilayah darat, pesisir, dan laut, serta lingkungan dan mitigasi bencana, dan cara untuk mengakses data penginderaan jauh di LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL