Kompetensi Utama

Layanan


Gowes to Eclipse Pontianak , Bersepeda Menyusuri Gerhana Matahari Total
Penulis : bar • Media : Pontianakpost.com • 01 Mar 2016 • Dibaca : 9830 x ,

PERSIAPAN: Panitia Gowes to Eclipse berdialog dengan Kepala BPAA-Lapan Pontianak Muzirwan membahas kegiatan Gerhana Matahari Total pada 9 Maret mendatang.PANITIA FOR PONTIANAKPOST

Gerhana matahari total pada Rabu (9/3) tidak dilupakan begitu saja. Moment spesial ini dimanfaatkan sejumlah komunitas untuk melakukan beragam kegiatan. Diantaranya sepeda santai dari Taman Digulis, Jalan Ahmad Yani menuju BPAA-Lapan Pontianak.

MENGAPA Lapan? “Ini moment yang sangat spesial. Sayang kalau dilewatkan. Kita siap memfasilitasi kalau ada yang berminat melihat Gerhana Matahari ini,” kata Muzirwan, Kepala BPAA-Lapan Pontianak saat berdialog bersama panitia Gowes to Eclipse Pontianak di ruang kerjanya pada Senin (29/2) siang.

Lapan telah mempersiapkan Teleskop Sky Rover, 180 buah kacamata khusus dan live video streaming dari berbagai daerah yang dilintasi gerhana matahari total seluruh Indonesia. Video streaming ini difasilitasi oleh Kominfo. Masyarakat dapat menggunakan fasilitas itu.Muzirwan menjelaskan pihaknya siap menjelaskan kepada mereka yang hadir mengenai peristiwa yang akan terjadi saat detik-detik gerhana matahi hingga berakhir. “Kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat. Kami mengundang 18 sekolah dan perguruan tinggi,” tambahnya.

Panitia Gowes to Eclipse Pontianak Salman Busrah mengajak segenap lapisan masyarakat untuk ikut sepeda santai. Kegiatan ini diawali dengan kumpul bersama di Taman Digulis, Untan sekitar pukul 05.00. “Ini momen yang sangat tepat sekali. Gerhana matahari dan juga libur nasional,” jelas Salman.Ditambahkan N Henray dari Asita Kalbar, setelah itu dilanjutkan bersepeda menyusuri Jalan Ahmad Yani, Veteran, Sultan Hamid II, Perintis Kemardekaan, Jalan 28 Oktober dan masuk Jalan Lapan. Panitia juga telah mengajak sejumlah komunitas sepeda yang ada di Kota Pontianak.

Ketua PHRI Kalbar Yuliardi Qamal menyambut baik kegiatan ini. “Daerah lain sudah jauh hari mempromosikan gerhana matahari total. Kami masih minim kegiatannya. Padahal ada dua lokasi yang bisa melihat gerhana matahari total itu,” kata Mulyadi. Warga Ketapang dan Sukadana akan dapat menyaksikan gerhana matahari total sekitar dua menit.Sejalan dengan PHRI Kalbar, General Manager Hotel Aston Pontianak Anto W Soemartono akan mempromosikan kegiatan ini. Dia akan mendisplay Gowes to Eclipse Pontianak di hotelnya. Kalau ada tamu hotel yang akan ikut, Aston akan memfasilitasinya.

Ketua DPD Apersi Kalbar Ramadan Djunaidi mendukung penuh kegiatan ini. Pihaknya siap memberikan doorprize kepada peserta. Akan ada kuis-kuis yang dibuat seputar kegiatan gerhana matahari total. Hadiah juga diberikan untuk menarik peserta agar bisa hadir.

Sumber :
http://www.pontianakpost.com/gowes-eclipse-pontianak-bersepeda-menyusuri-gerhana-matahari-total








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL