Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia Jajaki Kerja Sama Pengembangan Satelit dengan Inggris
Penulis : Ari Supriyanti Rikin/AF • Media : Beritasatu.com • 01 Mar 2016 • Dibaca : 30156 x ,


Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjajaki kerja sama dengan Inggris di bidang keantariksaan berupa teknologi pengembangan satelit.

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, mengatakan, Inggris memiliki pengalaman cukup lama dalam pengembangan satelit mikro hingga besar termasuk pemanfaatan satelit untuk kemaritiman.

"Inggris menawarkan kemampuan tersebut ke Indonesia dan Indonesia menyampaikan kebutuhannya," ujar Thomas di Kantor Pusat Lapan, Jakarta, Selasa (1/3).

Melalui kerja sama ini, lanjut Thomas, Lapan mendapat kemudahan memperoleh komponen dan transfer pengembangan teknologi satelit. Thomas menegaskan, dari kerja sama ini bukan berarti Lapan ingin membeli satelit tetapi ada transfer teknologi.

"Satelit yang dikembangkan Lapan beberapa komponennya memang diperoleh dari Inggris. Diharapkan lewat kerja sama kita bisa semakin banyak peroleh komponen dan teknologi satelit dari Inggris dalam pengembangan satelit bukan dalam konteks mempunyai satelit dengan cara membeli," ucapnya.

Thomas menambahkan, kebijakan kerja sama internasional Lapan terkait pengembangan teknologi satelit bersifat dengan semua mitra internasional. Setiap negara yang bisa memberi peluang kerja sama tentu akan diterima sesuai dengan mekanisme dan anggaran yang tersedia.

Selain dengan Inggris, Lapan juga telah bekerja sama dengan Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

"Misalnya terkait peluncuran satelit kerja sama dengan India. Ada kemungkinan untuk generasi berikutnya RRT sudah menawarkan. Dari segi pemanfaatan teknologi penginderaan jauh Jepang sudah lama kerja sama," tuturnya.

Sementara itu, terkait pengembangan satelit ada tawaran dari Inggris dan penggunaan satelit untuk aplikasi lainnya.

"Ya diterima saja dulu nanti diharapkan bisa memperkuat kapasitas kita untuk pengembangan satelit dan pemanfaatannya," ujarnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, berpandangan, kerja sama ini penting sekali untuk masa depan Indonesia. Hal ini didasari negara Indonesia yang sangat luas memerlukan teknologi luar angkasa berupa satelit untuk pembangunan.

"Untuk menjaga sumber daya alamnya, di laut, daerah kehutanan atau untuk mengendalikan risiko kabut asap kebakaran hutan dan lahan atau menjaga wilayah kedaulatan. Untuk semua itu aplikasi perlu teknologi satelit," katanya.

Sumber :
http://www.beritasatu.com/sains/352391-indonesia-jajaki-kerja-sama-pengembangan-satelit-dengan-inggris.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL