Kompetensi Utama

Layanan


Pagi Mendung, Tetap Bisa Nobar Gerhana Matahari Total : Jika pagi mendung, siang hari bisa berpotensi cerah.
Penulis : Amal Nur Ngazis, Agus Tri Haryanto • Media : Viva.co.id • 02 Mar 2016 • Dibaca : 16591 x ,

VIVA.co.id - Dalam waktu seminggu ke depan, tepatnya 9 Maret 2016, Indonesia akan disuguhkan dengan adanya Gerhana Matahari Total (GMT). Bagaimana dengan kondisi cuaca ketika pertunjukan alam tersebut berlangsung?.

GMT diperkirakan akan berlangsung sejak pagi menuju siang hari. Sementara, seperti diketahui, pagi hari bisa langit berawan, bahkan sesekali turun hujan.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mencoba menepis rasa kekhawatiran akan cuaca buruk yang bisa menutupi proses terjadinya GMT. Masyarakat bisa nonton bareng alias nobar fenomena alam tersebut. Menurutnya, bulan Maret ini merupakan akhir dari musim hujan.

"Indonesia sekarang sedang mengalami musim hujan. Normalnya ini merupakan akhir musim hujan. Peluang di tangg?al 9 Maret untuk melihat GMT masih terbuka," ungkap Thomas ditemui di Kantor Pusat Lapan, Jakarta, Selasa kemarin, 1 Maret 2016.

Thomas mengatakan, mengenai cuaca mendung yang terus menggantung di pagi hari tak berarti bahwa pada GMT terjadi maka cuacanya akan sama persis yang dirasakan akhir-akhir ini.

"Walaupun pagi kita sering melihat mendung, tetapi ada peluang untuk melihat menjelang tengah hari. Bahkan, waktu tahun 1998 juga saya mengamati gerhana di Bangka yang biasanya hujan, tapi cerah," ujar Thomas.

Ia menjelaskan peluang cerah saat GMT berlangsung masih terbuka lebar. Sebab, berdasarkan yang ia ketahui, cuaca berawan lebih banyak terjadi di sore harinya.

"Peluang (melihat GMT) masih terbuka, walaupun pagi mendung, tapi tetap ada peluang. Kondisi berawan itu lebih sering terjadi di sore hari, pagi bisa cerah. Mudah-mudahan cerah," harap dia.

sumber :
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/742596-pagi-mendung-tetap-bisa-nobar-gerhana-matahari-total-teknologi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL