Kompetensi Utama

Layanan


Ingin Kelas Sains Lebih Seru, LAPAN Ajak Guru Amati Gerhana
Penulis : Wisnu Prasetiyo • Media : detiknews • 20 Feb 2016 • Dibaca : 13169 x ,

Jakarta - Pelajar menjadi target utama penonton gerhana matahari total 9 Maret 2016. Beberapa instansi pemerintah dan komunitas astronom amatir gencar mengajarkan mereka soal gerhana agar nanti tak melewatkan fenomena alam yang langka ini.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) termasuk lembaga yang ingin pelajar sekolah juga menonton gerhana secara langsung, tentunya dengan cara yang aman. Di Pontianak, misalnya, LAPAN punya strategi tersendiri mengajak siswa sekolah menonton gerhana.

Koordinator LAPAN di Pontianak, Muzirwan, mengatakan pihaknya sudah mengundang guru-guru dari sekitar 20 SMP dan SMA di Pontianak. "Harapannya adalah setiap guru nanti yang akan membagikan ilmu yang ia dapat kepada murid-muridnya," ujarnya kepada detikcom.

Karena pada 9 Maret 2016 bertetapan dengan libur hari raya Nyepi, maka guru-guru itu juga akan diajak memantau gerhana matahari sebagian di Pontianak. Menurut Muzirwan, pengalaman menyaksikan gerhana itu bisa membuat mereka lebih mantap dan menarik saat mengajarkan sains, terutama soal gerhana.

Ada dua titik pengamatan gerhana LAPAN bersama guru di Pontianak. Lokasinya di Kantor LAPAN Pontianak dan Kantor Wali Kota Pontianak.

Selain promosi gerhana ke sekolah, LAPAN juga mengedukasi publik lewat media-media lokal. LAPAN mengajak masyarakat Pontianak menyaksikan gerhana matahari sebagian di mana nanti matahari akan tertutup 93 persen oleh bulan.

Gerhana matahari total hanya melintasi satu daerah di Kalimantan Barat, yakni Kabupaten Ketapang. Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar Simplisius mengatakan, Kota Kendawangan di Ketapang dipilih sebagai pusat pengamatan gerhana total di Kalimantan Barat. "BMKG memprediksi akan cerah di sana," ujarnya.

Sumber :
http://news.detik.com/berita/3147010/ingin-kelas-sains-lebih-seru-lapan-ajak-guru-amati-gerhana








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL