Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Ajarkan Masyarakat Ternate Membuat Alat untuk Lihat Gerhana Matahari
Penulis Berita : Humas/Meg, Dok. Abdul Rachman • Fotografer : Dok. Abdul Rachman • 05 Mar 2016 • Dibaca : 11089 x ,

Peneliti LAPAN memaparkan mengenai GMT 9 Maret 2016.

Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan fenomena yang menarik perhatian banyak pihak, baik ilmuwan maupun turis, baik domestik, maupun internasional. Hal tersebut dipaparkan oleh peneliti LAPAN, Abdul Rachman, saat sosialisasi GMT 9 Maret 2016 di pelataran Fort Oranje, Ternate, Maluku Utara (4/3).

Dalam paparannya, ia juga memaparkan cara aman untuk melihat GMT termasuk keindahan korona matahari dengan mudah dan aman. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan kacamata khusus gerhana atau cara yang paling aman yaitu dengan metode proyeksi atau dengan menggunakan alat yang telah dilengkapi dengan filter khusus untuk Matahari. Filter matahari tersebut berupa film tipis dengan tingkat kepekatan yang tinggi untuk menyaring cahaya matahari.

Ia kemudian juga menunjukkan cara mengamati gerhana parsial bagi yang tidak memiliki kacamata gerhana. Caranya yaitu dengan membuat pinhole memakai map. Untuk membuat pinhole, sebuah map dibagi dua, kemudian salah satu bagiannya dilubangi tengahnya dengan pulpen atau paku. Selanjutnya, sinar matahari dilewatkan melalui lubang tersebut untuk diproyeksikan pada bagian map lainnya.

Sosialisasi GMT ini dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Maluku Utara. Dalam kegiatan ini, Asisten Kementerian Pariwisata, Romi Astuti, memaparkan mengenai materi sadar wisata dan Sapta Pesona.

GMT merupakan kejadian langka dan manarik perhatian turis. Untuk itu, berbagai wilayah di Indonesia mempersiapkan diri untuk menyambut fenomena tersebut. Kepala Dinas Pariwisata Maluku Utara, Anwar Husen, mengatakan bahwa, pada saat GMT akan terdapat 2000-an turis yang hadir di Ternate secara serentak dan hal ini merupakan yang pertama kali terjadi. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keamanan di Ternate.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL