Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Gandeng NASA Teliti GMT 9 Maret 2016
Penulis : Haryo Prabancono • Media : solopos.com • 06 Mar 2016 • Dibaca : 14305 x ,


Gerhana matahari total akan dimanfaatkan Lapan dan NASA meneliti bersama.

Solopos.com, TIDORE — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bersama Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan melakukan ekspedisi bersama untuk meneliti fenomena gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Dalam penelitian ini, Lapan dan NASA akan pergi ke wilayah Halmahera Utara. Sebagaimana diketahui, daerah ini merupakan tempat dengan durasi terlama yang akan dilewati gerhana matahari total.

Dalam peresmian kerja sama ini, Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Brian McFeetees, mengatakan penelitian gerhana matahari total bagian dari pertukaran ilmu antara Amerika Serikat dan Indonesia.

“Penelitian ini ditujukan sebagai kerja sama antar ilmuwan dua negara. NASA menganggap penting peristiwa gerhana matahari total di Indonesia,” katanya, dikutip dari Okezone, Sabtu (5/3/2016).

Tim ini segera menuju Maba, Halmahera Utara, untuk meneliti efek yang ditimbulkan gerhana matahari total tahun ini. Salah satu yang akan diteliti adalah elektron bebas yang dihasilkan korona ketika terjadi gerhana.

Dalam ekpedisi kali ini, NASA akan diwakili oleh empat peneliti. Mereka akan ditemani oleh para peneliti Lapan untuk sama-sama mengamati gerhana matahari total.

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, informasi kedatangan peneliti NASA ke Tidore untuk menyaksikan gerhana matahari total disampaikan langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleman.

Menurut Asrul Sani para peneliti NASA akan menggunakan teropong khusus mengamati gerhana matahari total yang dibawa dari kantor mereka di Amerika Serikat.

Mereka memilih Tidore karena daerah ini akan terjadi gerhana matahari total secara sempurna dan lebih lama apabila dibandingkan dengan wilayah lain di Maluku Utara.

Asrul Sani menambahkan masih ada ratusan wisatawan dari berbagai negara yang telah menyatakan kepada Pemkot Tidore Kepulauan untuk menyaksikan gerhana matahari total di sejumlah lokasi di daerah ini, seperti di Pulau Maitara, salah satu pulau wisata di Tidore Kepulauan.

“Khusus wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar, sejauh ini sudah ada empat kapal yang menyampaikannya ke Pemkot Tidore Kepulauan, di antaranya dari Prancis, Amerika Serikat, dan Swiss,” kata Asrul.

Pemkot Tidore Kepulauan telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan mereka, seperti dari segi penyiapan akomodasi dan pembenahan berbagai infrastruktur, khususnya pada sejumlah objek wisata menjelang gerhana matahari total, 9 Maret 2016.

Sumber :
http://www.solopos.com/2016/03/06/gerhana-matahari-total-lapan-gandeng-nasa-teliti-gmt-9-maret-2016-698050








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL