Kompetensi Utama

Layanan


NASA dan LAPAN Kerja Sama Teliti Korona GMT
Penulis : Sonya Michaella • Media : Metrotvnews.com • 04 Mar 2016 • Dibaca : 16099 x ,

Metrotvnews.com, Jakarta: National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dalam penelitian gerhana matahari total (GMT) yang diperkirakan muncul 9 Maret mendatang.

"Kerja sama kami ini intinya mengamati korona, karena korona paling baik dan bisa dilihat pada saat terjadinya GMT," ungkap Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN Clara Yonoyatini di At Amerika, Pasific Place, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Clara mengatakan, LAPAN tertarik untuk mengamati korona saat munculnya GMT. Ketertarikan yang sama, kata dia, juga disampaikan NASA.

NASA menghubungi pihak LAPAN untuk melakukan penelitian bersama tentang GMT. Ajakan ini pun ditanggapi positif oleh LAPAN.

"Kami sangat antusias begitu NASA menghubungi kami untuk melakukan penelitian bersama terkait GMT," tambah dia.

12 kota yang di Indonesia diperkirakan menjadi lokasi terbaik untuk melihat GMT. Clara mengatakan, untuk menikmati pemandangan sekali 300 tahun ini, masyarakat sebaiknya menggunakan pelindung mata.

"Pelindung mata dipakai saat sebelum dan sesudah GMT, karena itu sinar yang berbahaya. Ketika GMT terjadi, baru kita boleh melihat tanpa pelindung mata," pungkasnya.

NASA sendiri akan melakukan penelitian GMT di Halmahera. NASA akan menggunakan alat terbaru yang tak membutuhkan waktu dalam persiapan untuk mengamati GMT.

Sumber :
http://news.metrotvnews.com/read/2016/03/04/494141/nasa-dan-lapan-kerja-sama-teliti-korona-gmt








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL