Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Siapkan 500 Kacamata Gratis
Penulis : roi • Media : palembang-pos.com • 07 Mar 2016 • Dibaca : 13271 x ,

PALEMBANG – Berbagai persiapan guna melihat fenomena langkah Gerhana Matahari Total (GMT) di Kota Palembang, membuat Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan memberikan 500 kacamata gratis kepada masyarakat dan pelajar.
Usai meninjau persiapan GMT di Graha Teknologi (Grahatek) Jakabaring, Senin pagi (7/3), Kadisdik Provinsi Sumsel Drs Widodo mengatakan, pembagian ini direncanakan berlangsung saat kegiatan workshop pembuatan kacamata sederhana bagi kalangan pelajar dan mahasiswa Selasa (8/3). “Kita sediakan 500 kacamata khusus gerhana, sedangkan nanti akan ada 200 kacamata sederhana yang bakal dibuat sendiri oleh kalangan pelajar dan mahasiswa,” katanya.
Pembuatan kacamata gerhana sederhana tersebut, akan melibatkan para pelajar dan dipandu langsung oleh tim LAPAN beserta petugas dari gratek, tidak hanya dari sisi akademis tetapi juga ilmiah sehingga mereka merasa ingin lebih tau mengenai fenomena langka ini. “Para pelajar dan mahasiswa merupakan perwakilan dari sekolah dan kampus di Sumsel, inginnya kita dari edukasi apa yang mereka buat dapat diajarkan kepada temannya. Sehingga nanti dirumah mereka bisa membuat sendiri secara sederhana,” ungkapnya.
Sementara itu, Head Of Public Relation Divison Lapan, Jasyanto mengatakan, disaat workshop nantinya, para siswa diberikan pemahaman dan keterampilan dalam membuat sebuah kacamata gerhana sederhana. Menggunakan beberapa peralatan yang bisa dicari sendiri, mulai dari kertas karton, lem, lalu lapisan black polimer untuk kacamatanya.
“Proses pembuatan paling memakan waktu 2 sampai 3 jam, ini sudah termasuk dalam proses pemberian materi dahulu. Kemudian baru dilanjutkan pada tahapan pembuatannya. Kacamata ini nantinya bisa dipakai untuk melihat fenomena langka GMT 9 maret mendatang,” katanya.
Penggunaan kacatama gerhana memang diwajibkan, sebagai cara aman dalam mengamati dan melihat fenonema GMT. Akan tetapi saat tidak memiliki kacamata khusus gerhana, maka disarankan untuk tidak melihat berlama-lama saat GMT terjadi. Terutama ketika posisi matahari mulai terlihat kembali atau saat gelap ke terang kembali.
“Kalau mau lihat cukup 1 atau 2 detik saja, soalnya bila berlebihan akan berdampak kebutaan (permanen) ataupun perih selama 2 sampai 3 minggu. Bahaya dari sinar corona matahari inilah yang patut diwaspadai,” tegasnya.
GMT di Kota Palembang sendiri bakal terjadi selama lebih kurang 1 menit 52 detik, dengan permulaan awal GMT berlangsung tepat di pukul 6.20 WIB yang mencapai puncak tepat GMT pada pukul 07.20 WIB. “Diimbau untuk melihat gerhana matahari total dianjurkan menggunakan kacamata khusus gerhana, agar tidak mengalami dampak yang berbahaya,” pungkasnya

Sumber :
http://palembang-pos.com/lapan-siapkan-500-kacamata-gratis/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL