Kompetensi Utama

Layanan


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pamerkan hasil penelitian dan pengembangan
Penulis : Rudi Purwoko • Media : waktoe.com • 16 Mar 2016 • Dibaca : 39311 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar public open house bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengetahui hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan lembaga yang berdiri sejak tahun 1963 ini.

Ir. Jasyanto selaku kepala bagian hubungan masyarakat Lapan mengatakan kegiatan open house ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Lapan dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat rencana induk keantariksaan nasional.

“Masyarakat dapat mengikuti tur edukasi ke laboratorium uji pesawat terbang dan stasiun bumi, mengikuti workshop roket air dan uji coba sederhana mengenai sains antariksa,” ujar Jasyanto kepada WAKTOE.com di Kantor Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Rumpin, Bogor, Kamis (27/11/2014).

Berbagai hasil penelitian dan pengembangan Lapan dapat dilihat langsung masyarakat, seperti di bidang penerbangan dapat menyaksikan pesawat N219 untuk kebutuhan transportasi di pulau-pulau kecil nusantara. Di bidang teknologi satelt, masyarakat dapat menyaksikan satelit Lapan A-2 yang memiliki muatan automatic identification system (AIS) yang mampu mengindentikasikan ribuan kapal di perairan Indonesia, dan dapat menyaksikan satelit Sadewa (satelit early warning system) untuk kebutuhan informasi cuaca ekstrem yang dapat bermanfaat bagi aktifitas di laut.

“Kami juga memiliki data satelit penginderaan jauh yang berguna untuk menentukan zona potensi pemanfaatan ikan sehingga mempermudah para nelayan Indonesia mencari ikan di laut, dan mempermudah aparat keamanan dalam pemantauan laut dan wilayah pesisir serta pengawasan pulau-pulau terluar,” jelas Jasyanto. (Rudi Purwoko)


Sumber : http://waktoe.com/lembaga-penerbangan-dan-antariksa-nasional-pamerkan-hasil-penelitian-dan-pengembangan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL