Kompetensi Utama

Layanan


Persiapan GMT, LAPAN Edukasi Pelajar Membuat Kacamata Gerhana
Penulis : Rian Apridhani • Media : http://www.rri.co.id • 16 Mar 2016 • Dibaca : 15743 x ,

KBRN, Palembang : Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan melakukan kegiatan ekspedisi ilmiah kepada pelajar di Palembang pada 8 Maret 2016 atau satu hari jelang gerhana matahari total (GMT). Ekspedisi ilmiah yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional Sumsel ini dilakukan dengan memberikan edukasi tentang gerhana matahari total kepada para siswa.

Selain memperkenalkan proses terjadinya gerhana, pelajar juga diberikan pelatihan untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat langka tersebut secara aman dan nyaman. Kepala Bagian Humas LAPAN Jasyanto mengungkapkan, agar tidak membahayakan kesehatan pengamatan GMT harus dilakukan dengan alat bantu kacamata gerhana.

Dalam keterangannya kepada wartawan di Palembang Jasyanto mengatakan, ada beberapa fase pada pengamatan proses GMT yang tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata. Oleh karena itu, LAPAN bersama Graha Teknologi Disdik Sumsel memberikan edukasi kepada siswa untuk membuat kacamata gerhana.

“Ada titik-titik tertentu pada pengamatan GMT yang tidak boleh dilihat secara langsung dan disarankan untuk menggunakan alat bantu kacamat gerhana. Nah, LAPAN akan mengedukasi pelajar untuk membuat kacamata gerhana.” Ujar Jasyanto di Palembang, Jumat (19/2/2016).

Menurut Jasyanto, pengamatan gerhana matahari dari proses awal sampai dengan puncaknya dapat cukup aman dilihat tanpa bantuan kacamata gerhana. Fase yang berbahaya bagi mata pada saat bulan dan matahari sudah mulai bergeser dari satu titik. Cahaya yang timbul pada fase ini akan membahayakan mata karena mata tidak siap untuk menerima cahaya ultraviolet dengan intensitas tinggi.(Rian Apridhani/DS)

Sumber : http://www.rri.co.id/post/berita/249515/teknologi/persiapan_gmt_lapan_edukasi_pelajar_membuat_kacamata_gerhana.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL