Kompetensi Utama

Layanan


Equinox Beredar Luar di Medsos : Jangan Percaya Bakal Terjadi Suhu Ekstrem 21 Maret 2016
Penulis : Inung • Media : Poskotanews.com • 18 Mar 2016 • Dibaca : 7719 x ,

JAKARTA (Pos Kota)- Fenomena alam Equinox yakni di mana matahari persis berada di garis equator pada 21 Maret 2016 adalah hal biasa yang setiap tahun kita alami. Karena itu, masyarakat tidak perlu resah dengan isu yang beredar terkait dampak Equinox tersebut.

“Tiap tahun kita mengalami fenomena Equinox dua kali yakni bulan Maret dan September,” papar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Andi Eka Sakya, Jumat (18/3).

Menurut Andi, berita yang beredar melalui media sosial terkait adanya ancaman suhu ekstrem hingga 40 derajat celcius itu adalah hoax alias bohong. Karena itu masyarakat diminta untuk tidak mempercayai apalagi ikut mengedarkan berita hoax tersebut.

Equinox adalah fenomena di mana matahari berada di khatulistiwa. Sehingga matahari yang melintas dari selatan ke utara benar-benar berada di atas kepala pada siang hari.

“Pada saat fenomena Equinox, di mana matahari melintas di ekuator, lamanya siang dan malam akan berlangsung sama antara bumi belahan selatan dengan bumi belahan utara,” jelas Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin.

Dalam pesan singkatnya kepada Pos Kota, Thomas juga menyebutkan bahwa khabar atau isu yang beredar di media sosial cenderung berlebihan dan mengandung unsur hoax.
“Tidak ada yang siginifikan dengan kondisi Equinox. Jadi sebaiknya masyarakat jangan mudah percaya,” tambahnya.

BMKG sendiri memperkirakan suhu udara pada saat matahari berada di lintasan ekuador masih normal, berkisar antara 32- 37 derajat celcius.

Seperti diketahui dalam beberapa hari terakhir ini beredar pesan berantai baik melalui media sosial, BBM, WA maupun media lainnya terkait ancaman suhu ekstrem hingga 40 derajat celcius sebagai akibat fenomena Equinox. Dalam pesan berantai tersebut juga disebutkan beberapa sumber yang seolah-olah memiliki kekuatan sudut pandang ilmiah.

Sumber :
http://poskotanews.com/2016/03/18/jangan-percaya-bakal-terjadi-suhu-ekstrem-21-maret-2016/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL