Kompetensi Utama

Layanan


Bimbingan Teknis Pengelolaan E-Journal, Bekal Publikasi LAPAN Menuju Center of Excellence
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/SGD • 06 Apr 2016 • Dibaca : 32400 x ,

Kepala LAPAN memberikan sambutan

Pengelolaan publikasi ilmiah di Indonesia telah berkembang pesat. Demikian juga, publikasi ilmiah LAPAN yang makin terus ditingkatkan kualitasnya. LAPAN telah menerapkan pengelolaan e-journal untuk publikasi ilmiah terakreditasi. Wadah ini menjadi salah satu solusi bagi penulisan hasil riset LAPAN bisa menembus taraf internasional.

Untuk meingkatkan kompetensi sumber daya yang ada, maka diselenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis pengelolaan e-journal publikasi ilmiah pada tanggal 5-6 April 2016. Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta ini dihadiri oleh para penulis jurnal ilmiah terakreditasi seluruh satuan kerja LAPAN.

Pertemuan hari pertama kegiatan ini diisi dengan sosialisasi oleh para pembicara dari LIPI, BATAN, dan LAPAN sendiri. Selanjutnya, peserta mengaplikasikan bekal ilmu yang telah diperoleh tersebut dengan melakukan simulasi atau pelatihan pada hari selanjutnya. Kegiatan ini menjadi media informasi tentang standar pengelolaan e-journal serta untuk meningkatkan keahlian penulis secara profesional di dalam menulis jurnal agar tembus skala internasional.

Acara dibuka oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Ia mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan publikasi LAPAN, karena merupakan bagian dari pembinaan teknis bagi pengelola maupun para penulis jurnal LAPAN.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mendukung LAPAN sebagai pusat unggulan di bidang antariksa. Di mana, LAPAN mempunyai empat kompetensi, yaitu sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan, roket, dan satelit, penginderaan jauh, dan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Unggul dalam hal ini sesuai dengan slogan ‘LAPAN unggul Indonesai maju, LAPAN melayani Indonesia mandiri’. Salah satu contoh konkritnya, unggul pada layanan informasi tentang produk-produk teknologi antariksa hasil riset LAPAN.

Pembekalan pelatihan kali ini sangat penting, sebab peran publikasi harus didorong agar semakin maju, tidak hanya di tingkat nasional, bahkan sampai ke tingkat internasional. Publikasi menjadi satu ciri lembaga penelitian dan pengembangan, sebab publikasi menjadi media komunikasi dengan masyarakat ilmiah dan masyarakat umum terkait dengan kompetensi yang sedang dikembangkan. “Saat ini, publikasi ilmiah LAPAN sudah menembus tingkat internasional, untuk itu kita harus bisa mengupayakan lebih banyak lagi tulisan-tulisan yang dijadikan publikasi di tingkat internasional,” harapnya.

Sampai saat ini, ada beberapa jurnal yang dikelola LAPAN secara konvensional, yaitu Jurnal Sains Dirgantara, Jurnal Teknologi Dirgantara, Jurnal Penginderaan Jauh, Jurnal Kajian Kebijakan, dan sebagainya. Adapun jurnal berbasis elektronik masih harus dibenahi pengelolaannya. Kepala LAPAN berharap agar peserta dapat menyerap ilmu dan pengalaman yang disampaikan oleh para pembicara, agar dapat segera dipraktikkan dalam pengelolaan e-journal yang saat ini sangat memerlukan ‘sentuhan’.

“Tingkatkan rasa percaya diri dengan mengasah keterampilan dalam menulis, contohnya dengan membiasakan menulis di media, seperti majalah populer, kemudian ditingkatkan lagi ke ilmiah popular, dan sebagainya,” ucapnya.

Jurnal, menjadi bagian terpenting untuk menunjukkan kompetensi, sebagai langkah ke depan LAPAN menuju center of excellent. Maka, perlu adanya kerja sama semua pihak, baik itu penulis, dewan penyunting, penelaah (reviewer), dan pengelola media untuk menjaga kualitas dan konsistensi pengelolaan publikasi ilmiah tersebut.

Pengelolaan jurnal berbasis elektronik ini sangat besar manfaatnya. Selain mempermudah dalam koordinasi antar pihak, media ini mendukung upaya paperless. Hal-hal terkait akreditasi menjadi lebih mudah pemantauannya. Maka dari itu, hal ini menjadi tantangan para pengelola jurnal untuk mengatur sirkulasi penyaringan tulisan para penulis, yang dalam hal ini rata-rata para peneliti LAPAN.

Para pembicara yang hadir yaitu Ir. Mahdi Kartasasmita MS,Ph.D (LAPAN), Dr. Lukman ST, M.Hum (LIPI), Prof. Dr. rer.nat Evvy Kartini, Editor in Chief Jurnal Atom Indonesia (BATAN), Elly Eliah, S.Sos M.M. (LIPI), Drs. Bidawi Hasyim (LAPAN), dan Aam Muharam, ST.MT, Managing Editor Jurnal (LIPI).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL