Kompetensi Utama

Layanan


Demo Terbang LSU Semarakkan Kunjungan Mahasiswa STT Adisutjipto
Penulis Berita : Humas/Fir • Fotografer : Humas/Fir • 11 Apr 2016 • Dibaca : 27213 x ,

Kunjungan STT Adisutjipto ke Pustekbang LAPAN

Teknologi penerbangan saat ini menjadi salah satu bagian riset unggulan LAPAN. Hasil produk risetnya pun mulai diminati oleh kalangan mahasiswa. Seperti suasana yang tergambar pada kegiatan kunjungan sejumlah mahasiswa Jurusan Teknik Penerbangan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Adisutjipto Yogyakarta, Senin (04/04), di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bogor. Dengan didampingi dosen pembimbing, mereka berkunjung untuk menambah wawasan tentang bidang penerbangan dan seluk beluknya.

Kegiatan kunjungan dipandu oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Agus Bayu Utama. Selain menyampaikan pembekalan terkait dunia riset penerbangan yang dikembangkan di LAPAN, sebagai tindak lanjut, ia juga memberikan keleluasaan kepada para mahasiswa untuk dapat praktik kerja dan melakukan penelitian bagi penyusunan Tugas Akhir.

Usai menerima presentasi, peserta kunjungan memperoleh kesempatan untuk menyaksikan berbagai kegiatan riset yang berlokasi di Gedung Aerodinamika dan Stasiun Bumi Satelit LAPAN. Para generasi muda calon penerus bangsa ini sangat asyik memperhatikan berbagai simulasi yang berlangsung, seperti pengujian simulasi Terowongan Angin Supersonik. Mereka menyaksikan visualisasi bagaimana terowongan angin tersebut digunakan dan untuk apa pengujian tersebut dilakukan di LAPAN.
Beranjak ke kegiatan di Gedung Bola, demikian para peneliti LAPAN menyebut Stasiun Bumi LAPAN Rumpin, mereka memperoleh penjelasan tentang pengoperasin satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI yang diluncurkan pada September 2015 dari India. Pemaparan disampaikan dengan menunjukkan simulasi proses penerimaan data satelit sampai dengan pengolahan hingga diperoleh data citra satelit. Tak luput dari perhatian, dikenalkan pula Satelit LAPAN-A3, yang sampai tahapan saat ini sedang dalam proses perakitan. Rencananya, satelit ini akan diluncurkan pada Mei 2016.

Masih di dalam rangkaian kunjungan ke beberapa laboratorium, pengamatan diakhiri di Gedung Avionic dan Gedung Laboratorium Propulsi. Teka teki yang para mahasiswa ini simpan terkait dengan pemberitaan rencana pembuatan N219 yang sudah digaungkan oleh pemerintah pun terjawab di tempat ini. Melalui contoh bentuk fisik dari miniatur N219, dijelaskan bahwa pesawat hasil litbang LAPAN ini yang nantinya dikontribusikan sebagai pesawat hasil riset anak bangsa, yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi antar pulau kecil di Indonesia. Untuk membuka wawasan tentang bagaimana proses pembuatannya, dijelaskan juga bagian-bagian pesawat yang sedang dirancang bangun untuk diperoleh kesatuan utuh pesawat tersebut sampai siap diujiterbangkan.

Kegiatan kunjungan ditutup dengan meriahnya demo terbang pesawat LSU-01. Pesawat tanpa awak ini melakukan terbang rendah berputar di atas Kantor LAPAN Rumpin ini. Seperti misi yang dibawa oleh pesawat tersebut, LAPAN terus mengembangkan riset di bidang keantariksaan, untuk mencapai cita-cita LAPAN untuk menuju center of excellence.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL