Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN-Jabar Kerjasama Data Penginderaan Jauh
Penulis : Setiady Dwi • Media : Suaramerdeka.com • 14 Apr 2016 • Dibaca : 27283 x ,

BANDUNG, suaramerdeka.com- Pemprov Jabar menggandeng Lembaga Penerbangna dan Antariksa Nasional (LAPAN) guna pemanfaatan hasil penginderaan jarak jauh untuk beragam keperluan.

Kerjasama tersebut ditandai pennadatanganan nota kesepahaman antar Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dan Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin di Bandung, Kamis (14/4).

"Kerjasama ini terkait dengan penggunaan sisten pemetaan bumi nasional dan penyediaan data penginderaan jauh, terutama berbasis satelit.." jelasnya.

LAPAN akan menyediakan data-data yang diperlukan bagi pemabngunan di daerah tersebut diantaranya menyangkut pengawasan pembangunan infrastruktur pertanian terutama pertumbuhan padi dan jaringan irigasi dan kebencanaan.

" Data tersebut diakses secara gratis dan bersifat realtime seduai dengan kebutuhan yang diinginkan termasuk citra yang beresolusi tinggi," katanya.

Heryawan menyambut gembira kerjasama tersebut. Pasalnya pihaknya ingin melakukan pengawasan yang lebih intensif terhadap laju pembangunan termasuk dengan memanfaatkan citra satelit.

Dia yakin hasilnya akan lebih baik terutama dalam melakukan  pengamatan terhadap perkembangan sejumlah proyek infrastruktur. Perubahannya akan teramati secara detail dengan sudut dari udara.

"Ini semacam verifikasi lapangan dengan segala macam hal yang bisa diawasi. Pembangunan sekolah hingga jalan tol, nanti ketahuan bener dikerjakan atau malah tidur," katanya.

Sumber :
http://berita.suaramerdeka.com/lapan-jabar-kerjasama-data-penginderaan-jauh/










Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL