Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gandeng Pemprov Jabar dalam Pemanfaatan Sistem Pemantau Bumi
Penulis : Jaenal Mutakin • Media : Metrotvnews.com • 15 Apr 2016 • Dibaca : 29880 x ,

Metrotvnews.com, Bandung: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait pemanfaatan sistem pemantau bumi nasional dan data penginderaan jauh.

Kerja sama tersebut membuat Pemprov Jabar bisa mendapatkan data berbasis data satelit untuk memantau sektor penting seperti pertanian, kebencanaan, dan infrastruktur.
Baca juga


"Kerja sama antara Pemprov Jabar dan LAPAN ini untuk pemanfatan kompetensi LAPAN. Kita memiliki sistem pemantau bumi untuk penyediaan data penginderaan jauh," ujar Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, di Kota Bandung, Kamis (14/4/2016)

Thomas mengatakan sistem akan memberikan data yang dibutuhkan untuk rencana pembangunan daerah. Seperti, data sumber daya alam, potensi, jaringan irigasi, dan potensi bencana.

"Apalagi kata Pak Gubernur Jawa Barat termasuk tinggi potensi bencana," ujarnya.

Berbagai data dalam sistem ini kata Thomas, dapat diakses publik secara luas. Namun untuk data khusus seperti pemantauan pertanian dan jaringan irigasi hanya organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang bisa mengaksesnya.

Di menambahkan, selama ini pihak yang selalu memanfaatkan data LAPAN adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai acuan pembangunan.

"Kita juga sudah bekerja sama dengan provinsi lain untuk pemanfaatan sistem penginderaan jauh," tandasnya.

sumber :
http://jabar.metrotvnews.com/read/2016/04/15/513890/lapan-gandeng-pemprov-jabar-dalam-pemanfaatan-sistem-pe








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL