Kompetensi Utama

Layanan


Maritime Komodo Exhibition 2016: KASAL Kunjungi Gerai Pameran LAPAN
Penulis Berita : Humas/Jas • Fotografer : dok. Humas • 16 Apr 2016 • Dibaca : 43371 x ,

KASAL bertanya mengenai hasil litbang LAPAN.

LAPAN berpartisipasi dalam Maritime Komodo Exhibition 2016 yang berlangsung pada tanggal 13-15 April 2016 di Hotel Inna Muara Padang, Sumatera Barat.

Pameran yang digelar setiap tahun oleh Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) TNI AL ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengumpulkan para vendor Pemprov Sumatera Barat, Pemko Padang, BUMN, kementerian/lembaga, dan para pelaku bisnis di lingkup swasta. Mereka berkesempatan mempromosikan produk-produk karya negeri sendiri di kancah Internasional.

Perhelatan besar ini merupakan agenda dari kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016, yang dirangkai bersamaan dengan kegiatan International Fleet Review (IFR) 2016, dan Western Pasific Naval Symposium (WPNS). Sejumlah 35 negara terlibat dalam kegiatan yang sudah di gelar pada tahun ke-15 ini. Adapun Maritime Komodo Exhibition mengusung tema Small Company High Creativity. Pameran ini diikuti oleh para stakeholder terkait dengan kemaritiman dan pertahanan.

Di dalam pameran tersebut, LAPAN menampilkan tema “Dukungan Teknologi Penerbangan dan Antariksa untuk Kejayaan di Laut”. LAPAN mempromosikan berbagai kegiatan dan produk hasil riset penerbangan dan antariksa. Melalui tampilan Teleskop oleh Balai Pengamatan Atmosfer Kototabang, disampaikan informasi tentang proses penelitian dan pengembangan dari hasil pemantauan Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Jembatan Ampera Palembang. LAPAN juga menampilkan hasil riset Pusat Teknologi Penerbangan, Pesawat Tanpa Awak LAPAN Surveillence UAV (LSU) – 02 yang telah tercatat Rekor MURI pada 2013.

Pameran dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Ade Supandi. KASAL juga menyempatkan berkunjung ke stan pameran LAPAN dan berdialog dengan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto. Pada kesempatan ini, KASAL memperoleh penjelasan tentang pemanfaatan Pesawat LSU untuk misi surveillence, pemanfaatan Satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI untuk pengamatan permukaan bumi, pemantauan kapal, dan sarana komunikasi untuk Radio Amatir ORARI. Disampaikan juga penggunaan aplikasi pengamatan cuaca dan pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh untuk mendukung kemaritiman, salah satunya Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI).

Melekat kegiatan dengan lokasi pelaksanaan, LAPAN membuka kesempatan kunjungan dan magang kepada para dosen, mahasiswa, dan pelajar untuk dapat berkunjung ke keberadaan Balai Pengamatan Atmosfer Kototabang. Hal tersebut sebagai bentuk layanan LAPAN kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sumatera Barat. Di lokasi riset tersebut, mereka dapat memperoleh wawasan tentang Equatorial Atmosphere Radar (EAR), yang merupakan bagian dari riset LAPAN di bidang sains antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL