Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Semarakkan Pameran Dirgantara Edu-Tech Expo 2016
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 17 Apr 2016 • Dibaca : 43412 x ,

Kepala Subbagian PLIP menjelaskan misi Satelit LAPAN A2/LAPAN-ORARI kepada Pengunjung

Lapan turut berpartisipasi memeriahkan Pameran Dirgantara Edu-Tech Expo 2016 yang diselenggarakan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) pada 15 - 17 April 2016 di Terminal Selatan Lapangan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta. Pameran Dirgantara Edu-Tech Expo menjadi ajang LAPAN untuk menyebarluaskan informasi terkait hasil riset penerbangan dan antariksa.

Kegiatan Pameran Dirgantara Edu-Tech Expo ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Dirgantara Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-70 TNI AU. Berbagai pertunjukan digelar untuk menyemarakkan rangkaian kegiatan tersebut. Selain berbagai produk bidang kedirgantaraan oleh beberapa instansi pemerintah maupun swasta, mitra kerja sama TNI AU, ditampilkan juga pameran dinamik dan statis pesawat terbang, helikopter, dan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Kegiatan ini sangat menyedot perhatian masyarakat, karena berbagai kegiatan demo dipertontonkan, antara lain demo terbang pesawat latih milik TNI AU, atraksi terjun payung, dan berbagai kegiatan hiburan lainnya.

Kegiatan yang bersifat edukatif ini sebagai bagian dari promosi TNI AU untuk mengajak pengunjung melihat, mengerti, memahami, dan merasakan perkembangan teknologi kedirgantaraan.

Dalam pembukaan acara, KASAU Marsekal Agus Suprayitna mengatakan, acara ini bertujuan untuk mendekatkan TNI AU dengan masyarakat, mempersiapkan konsep teritorial TNI AU, serta memasyarakatkan olahraga dirgantara. Berbagai kegiatan digelar untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat, bahkan melibatkan mereka ke berbagai kegiatan kedirgantaraan.

Pada kesempatan ini, LAPAN menampilkan berbagai hasil penelitian dan pengembangan bernuansa teknologi antariksa, dalam bentuk poster dan alat peraga. Mock up Pesawat Tanpa Awak LSU dipertontonkan untuk memberikan informasi pemanfaatan produk litbang tersebut dengan aplikasinya untuk berbagai kegiatan pemantauan wilayah kelautan, pertanian, gunung berapi, klasifikasi vegetasi, mitigasi bencana banjir, pemetaan daerah perbatasan, dan sebagainya. Mock up LAPAN A2/LAPAN-ORARI juga ditampilkan, untuk menginformasikan kepada masyarakat, bahwa satelit tersebut sebagai produk riset LAPAN yang berfungsi untuk melakukan pengamatan permukaan bumi dan pemantauan kapal yang melintas di wilayah perairan Indonesia. Selain itu, satelit buatan LAPAN generasi kedua ini mendukung kegiatan komunikasi radio amatir untuk bencana alam.

LAPAN juga menampilkan produk teknologi data penginderaan jauh satelit dengan poster yang memuat tentang Sistem Pemantauan Bumi Nasional Penginderaan Jauh. Berbagai gambaran kegiatan ditampilkan mulai dari fasilitas perekaman, pengolahan, penyimpanan, dan distribusi data yang dimanfaatkan oleh pengguna, dalam hal ini kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi. Berbagai produk riset Roket dengan berbagai tipe juga tak luput dari kemasan penyebarluasan informasi LAPAN kali ini. Penjelasan mengenain Produk Pesawat N219 juga tak lepas dari lontaran pertanyaan pengunjung. Mereka sangat menanti hasil produk anak bangsa tersebut benar-benar bisa dioperasikan dan dimanfaatkan sebagai pesawat transportasi antar pulau.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL