Kompetensi Utama

Layanan


Pemprov Sumbar dan LAPAN Jalin Kerja Sama
Penulis : h/ows • Media : harianhaluan.com • 20 Apr 2016 • Dibaca : 35971 x ,

PADANG, HALUAN — Dalam rangka perencanaan pembangunan daerah Sumatra Barat (Sumbar) Pemerintah Provinsi dengan Lem­baga Penerbangan Antariksa Na­sio­nal (LAPAN) melakukan MoU pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan antariksa. Karena kebutuhan satelit saat ini tidak bisa ditawar lagi, sudah menjadi ke­butuhan utama.

Menurut Gubenur Sumbar Ir­wan Prayitno saat menghadiri MOU dan sosialisasi Lapan di Kantor Bappeda Provinsi Sumatra Barat Selasa (19/4) mengatakan, tek­nologi penginderaan jauh sangat berguna dalam pembangunan da­erah melalui perencanaan berbasis data.

Sehingga aplikasi penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk aplikasi zona dari beberapa potensi seperti tata ruang daerah, kehu­tanan, tanggap bencana, moni­toring pembangunan, pelestarian ling­kungan hidup dan pemetaan di­be­be­rapa titik pembangunan. “Pro­gram ini nantinya akan sangat berguna bagi pemerintah provinsi yang didapatkan langsung dari satelit dan sangat akurat. Sehingga tidak hanya pemerintah provinsi yang akan menggunakan nanti, tetapi juga untuk Kab/Kota,”kata Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno menambahkan, nanti ASN yang mengikuti wor­kshop tersebut dapat mrnambah ilmu serta pengetahuan dalam membaca data dari satelit. Dapat diaplikasikan dalam pekerjaan.

“Tidak ada lagi ASN yang buta terhadap teknologi informasi. Baik kabupaten maupun kota,”tegas Irwan Prayitno.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Da­erah (Bappeda)Sumbar Afriadi Laudin menambahkan, kerjasama antara Pemprov dan Lapan untuk setahun ini, sehingga data yang dihasilkan bisa digunakan untuk selanjutnya.

Karena data yang dihasilkan berupa bentuk peta citra satelit , sehingga menjadi masukan dalam menyusun rencana yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang dengan menggunakan spasial.

Hasil data peta citra yang kita dapatkan memiliki resolusi tinggi dengan skala 0,5 meter. Jadi dapat mendapatkan rencana rinci tata ruang, dengan skala tersebut sangat cocok untuk mengatur flat-flat yang ada didaerah perkotaan. “Data akan selalu update, se­hingga sangat dibutuhkan untuk pembangunan daerah”, pungkasnya.

Sumber :
http://harianhaluan.com/news/detail/52123/pemprov-sumbar-dan-lapan-jalin-kerja-sama








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL