Kompetensi Utama

Layanan


Siswa SMKN 1 Depok Belajar Penginderaan Jauh Di LAPAN
Penulis Berita : Humas/Fir • Fotografer : Humas/Riri • 26 Apr 2016 • Dibaca : 9635 x ,

Peneliti LAPAN memaparkan mengenai manfaat data penginderaan jauh.

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Depok mengunjungi Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN di Pekayon, Jakarta Timur, Senin (25/4). Rombongan terdiri dari 96 siswa dan guru pendamping. Kegiatan ini untuk menambah wawasan di bidang penginderaan jauh.

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Barang Milik Negara, Dewi Iva Muzdalifa dan Kepala Sub Bagian Sumberdaya Manusia dan Tata Usaha Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata), Dinari Nikken Sulastrie Sirin, yang menerima siswa tersebut menyambut baik kunjungan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, peneliti Pustekdata, Ngadino, menjelaskan mengenai tugas LAPAN. Ia menjelaskan bahwa LAPAN bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia juga menjelaskan mengenai Remote Sensing (penginderaan Jauh). Penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau fenomena dengan suatu alat sensor tanpa kontak langsung dengan obyek, daerah atau fenomena yang dikaji.

Penginderaan jauh memiliki beragam fungsi. Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Fajar Yulianto, menjelaskan mengenai fungsi pemanfaatan penginderaan jauh yaitu untuk penelitian dan pengembangan model pemanfaatan untuk sumberdaya wilayah darat, wilayah pesisir, dan laut. Penginderaan jauh juga untuk penelitian dan pengembangan model pemantauan lingkungan dan mitigasi bencana alam.

Selanjutkan siswa dipersilahkan untuk mengunjungi show room yang ada di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh. Di sana mereka melihat bentuk data-data yang diperoleh dan cara pengambilan data dengan teknologi yang ada.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL