Kompetensi Utama

Layanan


Satelit LAPAN-A3 Siap Mengorbit
Penulis : Faris Sabilar Rusydi • Media : sains indonesia • 28 Apr 2016 • Dibaca : 36292 x ,

Bogor, Sains Indonesia - Dalam waktu dekat, Lapan-A3 / IPB siap mengorbit di langit Indonesia. Satelit penginderaan jauh hasil kolaborasi Lapan dengan IPB ini secara khusus membawa misi untuk memantau sumber daya pangan.



Rencananya satelit mikro ketiga buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) ini akan diluncurkan 10 Juni 2016 mendatang dari India. Memiliki bobot sekitar 115 kilogram, Lapan-A3 / IPB akan dimanfaatkan untuk mengidentifikasi tutupan lahan dan penggunaannya serta pemantauan lingkungan

Selain bertujuan untuk pemantauan bumi dan pertanian, satelit eksperimental tersebut juga membawa tiga misi lainnya. Yaitu misi sains untuk mengukur magnet bumi, misi Automatic Identification System (AIS) untuk memantau lalu lintas laut, dan misi rekayasa enginer Indonesia dalam pemanfaatan satelit.

Untuk memantau tanaman pangan, Lapan-A3 mempunyai muatan penginderaan berupa 4 kamera bonds multispectral imager beresolusi 18 meter dengan swath 100 kilometer. Muatan ini merupakan gagasan Institut Pertanian Bogor (IPB). Karena itulah Lapan-A3 disebut pula dengan Lapan-IPB.

Secara garis besar, Lapan-A3 / IPB mendukung akurasi data untuk perencanaan masa tanam lahan persawahan yang akan berdampak langsung terhadap peningkatan ketahanan pangan. Karenanya pengembangan teknologi ini, menurut Rektor IPB Herry Suhardiyanto, akan membantu pemerintah dalam menentukan berbagai kebijakan sektor pangan, seperti impor dan ekspor beras.

Sementara itu Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin mengatakan pengembangan Lapan-A3 / IPB membuktikan upaya Lapan untuk melayani kebutuhan teknologi nasional dan mendukung program pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian. "Program ini juga membuktikan kemampuan Indonesia dalam merancang bangun satelit sekelas 100 kilogram," ujar Thomas di sela-sela acara sosialisasi persiapan peluncuran Lapan-A3 / IPB di Bogor (25/4).

Dirjen Risbang Kemenristekdikti Muhammad Dimyati mengaku bangga atas kinerja SDM lokal dalam pembangunan satelit eksperimental senilai 58 milyar rupiah tersebut. Kedepannya ia berharap Indonesia memiliki satelit operasional sendiri sesuai dengan target Lapan di 2020.



Sumber : http://www.sainsindonesia.co.id/index.php/kabar-terkini/2267-satelit-lapan-a3-siap-mengorbit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL