Kompetensi Utama

Layanan


Satelit LAPAN-A3/LAPAN IPB Siap Mengorbit
Penulis : Rep: MGROL55/ Red: Winda Destiana Putri • Media : Republika.co.id • 27 Apr 2016 • Dibaca : 24106 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah berhasil dengan dua eksperimen satelit LAPAN TUBSAT yang diluncurkan pada tahun 2007 dan satelit LAPAN A2/ORARI yang diluncurkan pada September 2015, kini LAPAN telah berhasil menyelesaikan satelit mikro ketiga yaitu LAPAN-A3/LAPAN IPB. Satelit ini rencananya akan diluncurkan pada akhir Mei 2016 di Shirharikota India.

"Ini adalah satelit generasi ketiga dari LAPAN bekerjasama dengan IPB, sehingga nama untuk satelit ini yaitu LAPAN-A3/LAPAN-IPB atau disebut lISATE (LAPAN IPB Satelite)," kata Thomas Djamaluddin saat ditemui di Bogor, belum lama ini.

Misi yang dibawa oleh satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB yaitu menguji hasil rekayasa engineer LAPAN termasuk penguji pengendalian satelit, menguji sensor bintang untuk mengrahkan satelit, dan kontrol pengendalian satelit, misi kedua adalah misi pemantauan bumi (pertanian), misi ketiga adalah pemantauan kapal dengan AIS (Automatic Indentification System) dan misi terakhir adalah misi ilimiah untuk mengukur medan magnet bumi.

"Satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB, hasilnya akan dimanfaatkan untuk tugas-tugas dan fungsi pemerintan melaluii berbagai kementrian, sehingga kita bisa optimis untuk mencapai visi dan misi mereka dengan bantuan data-data dari sateli LAPAN A3," kata Muhammad Dimyati, mewakili Mentri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, belum lama ini.

Peluncuran satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB dijadwalkan 10 Juni, dipercepat dari jadwal semula September 2016. Pengiriman satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB ke India akan diberangkatkan pada 10 Mei 2016, karena pihak India meminta 1 bulan sebelum peluncuran sudah ada di India.

"Perubahan waktu peluncuran yang dipercepat, membuat tim peneliti bekerja ekstra bahkan dari pagi hingga pagi lagi. Tapi saat ini bisa saya katakan satelit LAPAN A3/LAPAN IPB siap diluncurkan ke India," kata Wahyudi Hasbi, Chip Enginer satelit LAPAN A3.

Satelit LAPAN A3/LAPAN-IPB akan meluncur bersama 22 satelit lainnya di India (rekor satelit terbanyak dalam satu roket). Satelit yang berbobot 115 kg akan diluncurkan dengan roket Piggy back PSLV-C34 milik ISRO-India. Negara yang akan meluncurkan satelit secara bersamaan pada 10 Juni 2016 di India diantaranya adalah Jerman, Amerika dan Kanada.

Sumber :
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/sains-trendtek/16/04/27/o69vas359-satelit-lapana3lapan-ipb-siap-mengorbit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL