Kompetensi Utama

Layanan


Lapan: Satelit A4 Rampung Dua Tahun Lagi
Penulis : Siti Sarifah Alia, Mitra Angelia • Media : Viva.co.id • 29 Apr 2016 • Dibaca : 29413 x ,

Satelit ini merupakan suksesor A3 yang telah diluncurkan sebelumnya.

VIVA.co.id – Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa satelit penginderaan jauh besutan Lapan seri eksperimen akan diakhiri hingga satelit Lapan A5. Setelah beberapa waktu lalu satelit Lapan A3 diluncurkan, maka selanjutnya, kata Thomas, satelit Lapan A4 pun akan menyusul.

Ia menyampaikan, pembuatan satelit Lapan A4 ini sedang dipersiapkan dan akan rampung sekitar dua hingga tiga tahun ke depan untuk peluncuran. Namun, secara umum, ia mengatakan fungsi satelit Lapan A4 dan A5 hampir sama dengan generasi sebelumnya.

"Misi Lapan A4 dan A5 belum didefinisikan secara spesifik. Akan tetapi, secara umum mencakup pemantauan sumber daya alam dan lingkungan, pemantauan maritim, serta hal ilmiah," ujar Thomas kepada VIVA.co.id melalui pesan singkat, Kamis 28 April 2016.

Namun, kata Thomas, teknologi yang disematkan pada satelit Lapan A4 dan A5 akan lebih canggih dan bobot pun melebihi dari generasi sebelumnya. Jika satelit Lapan A1 dan A3 tidak sampai 100 kilogram, Lapan A3 yang baru diluncurkan sudah 115 kilogram. Nantinya, Lapan A4 dan A5 bisa mencapai bobot 100 hingga 300 kilogram.

Thomas menambahkan, mengenai kamera, satelit Lapan A4 masih menggunakan kamera seri sensor optik. Sementara itu, A5, sudah dengan sensor radar.

"(Prosesnya) sensor radar menangkap gelombang radio yang dipancarkan satelit, lalu dipantulkan objek di permukaan Bumi. Dengan sensor radar, kendala cuaca dan waktu malam bisa diatasi untuk mendapatkan data," ujar dia.

Sumber :
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/766340-lapan-satelit-a4-rampung-dua-tahun-lagi-teknologi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL