Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Jalin Kerja Sama dengan Pemprov NTB: Hasil Litbang LAPAN Dukung Percepatan Pembangunan Daerah
Penulis Berita : Humas/EP • Fotografer : Humas/NLS • 29 Apr 2016 • Dibaca : 29457 x ,

Kepala LAPAN dan Wakil Gubernur NTB dengan naskah Kesepakatan Bersama yang ditandatangani

Untuk merealisasikan salah satu kompetensi utama, LAPAN menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah sebagai salah satu sarana upaya pemanfaatan hasil teknologi riset di bidang penginderaan jauh, guna membantu percepatan pembangunan daerah. Maka, ditandatangani Naskah Kesepakatan Bersama antara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) pada Jumat (29/04), di Kantor Gubernur Pemprov NTB, Mataram.

Naskah tersebut ditandatangani oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Gubernur NTB, yang secara simbolik diwakili oleh Wakil Gubernur NTB, H. Muhammad Amin. Kegiatan seremonial ini disaksikan para perwakilan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov NTB.

Dengan disepakatinya naskah tersebut, maka menjadi prioritas LAPAN untuk menyediakan kebutuhan NTB terhadap data penginderaan jauh serta peningkatan kapasitas personil NTB dalam memanfaatkan dan mengaplikasikan data penginderaan jauh tersebut. Sebagai langkah awal kerja sama, LAPAN menyerahkan citra satelit Kota Mataram yang diambil dari data WorldView dengan resolusi 50 cm.

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN menyampaikan, untuk melaksanakan amanat UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, LAPAN sebagai lembaga pemerintah non kementerian melaksanakan fungsi penyelenggaraan kegiatan keantariksaan. LAPAN berusaha semaksimal mungkin mencapai visinya menjadi pusat unggulan penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri. Kegiatan seremonial kali ini, diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan implementasi pelaksanaan empat kompetensi utama LAPAN di bidang sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa (roket, satelit dan aeronautika), penginderaan jauh, serta kebijakan penerbangan dan antariksa.

Kepala LAPAN juga menyampaikan beberapa capaian LAPAN melalui teknologi litbangnya dalam membantu pembangunan dan perkembangan beberapa daerah di Indonesia. Antara lain penggunaan aplikasi penginderaan jauh untuk mengidentifikasi pendapatan daerah di Jawa Tengah dan deteksi sumber daya alam Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), yang bermanfaat untuk membantu nelayan di Banyuwangi dalam menentukan daerah penangkapan ikan, sehingga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan hasil penangkapannya banyak.

Menanggapi paparan tersebut, Wakil Gubernur NTB berharap, jalinan kerja sama dengan LAPAN tersebut dapat memenuhi kebutuhan NTB, khususnya kebutuhan informasi geospasial. Termasuk informasi yang disampaikan Kepala LAPAN, agar dapat diaplikasikan juga di NTB sehingga membantu percepatan pembangunan daerah NTB.

Kegiatan ini juga dimanfaatkan LAPAN sekaligus dengan memberikan sosialisasi penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah Provinsi NTB. Materi sosialisasi dipaparkan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL