Kompetensi Utama

Layanan


Sekretaris Kabinet Siap Fasilitasi LAPAN Peroleh Dukungan Presiden Terhadap Peluncuran Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 03 May 2016 • Dibaca : 23815 x ,

Suasana Pertemuan Kepala LAPAN dengan Menteri Sekretaris Kabinet

Bertempat di Kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa (03/05), Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, didampingi Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andriarti, mengadakan audiensi dengan Menteri Sekretaris Kabinet (Setkab) RI, Dr. Pramono Anung, yang didampingi Deputi Bidang Politik Hukum dan Keamanan Setkab, Dr. Fadlansyah Lubis.

Dalam pembicaraan yang berlangsung di Ruang Menteri Sekretaris Kabinet, Kepala LAPAN menjelaskan berbagai program unggulan dan utama LAPAN, serta menjabarkan hasil-hasil satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI serta pemanfaatannya yang telah diluncurkan pada bulan September 2015 kemarin.

Dalam paparan tersebut, Thomas menjelaskan bahwa citra satelit Satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI sudah dimanfaatkan Kementerian Pertahanan untuk memantau perbatasan di Kalimantan Utara. Aplikasi Automatic Identification System (AIS) yang dipasang dalam satelit tersebut juga sudah berfungsi. Hasilnya sudah dimanfaatkan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kementerian Kelautan Perikanan, dan pihak swasta untuk mendeteksi posisi di wilayah perairan Indonesia. Adapun fitur frekuensi Satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI juga sudah dimanfaatkan dimanfaatkan untuk aktifitas radio amatir.

Berikutnya, Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB telah siap untuk diluncurkan. Kepala LAPAN mendapat dukungan Setkab untuk mengomunikasikan dengan Presiden dan Wakil Presiden mengenai rencana peluncurannya. Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB sendiri telah siap untuk dikirim ke India, yang kemudian dijadwalkan peluncurannya. Pemanfaatan satelit generasi ke-3 ini telah disosialisasikan dalam momen peresmian Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB pada tanggal 25 April.

Setkab sangat mendukung langkah dan program-program litbang penerbangan dan antariksa LAPAN. Sebagai tindak lanjut, LAPAN segera menyusun dokumen administrasi untuk dilaporkan kepada Presiden RI untuk memperoleh arahan dan masukan lebih lanjut.

Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB memiliki berat sekira 115 kilogram, mengorbit secara polar dengan jangkauan ketinggian sampai dengan 550 Km. Dalam pembuatan satelt ini, LAPAN bekerja sama dengan IPB, untuk pengaplikasian hasil citra Satelit tersebut. Rencananya, satelit akan diluncurkan dari Sriharikotta, India pada bulan Juni mendatang.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL