Kompetensi Utama

Layanan


Pilot LSU Pustekbang Berpartisipasi dalam Ekspedisi Langit Nusantara
Penulis Berita : Humas/GSP • Fotografer : Dok. Pustekbang • 03 May 2016 • Dibaca : 9684 x ,

Pilot LSU LAPAN Saat Berlaga dalam Ekspedisi Langit Nusantara

LAPAN berpartisipasi dalam program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) yang digelar PT. Telkomsel 14 April sampail dengan 14 Mei 2016. Program ini merupakan kegiatan penerbangan drone (pesawat tanpa awak) yang ditujukan melakukan penjelajahan wilayah udara di Indonesia. PT. Telkomsel sengaja melibatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk menguji kehandalan jaringan broadband miliknya.

Perjalanan drone tersebut dapat disaksikan melalui video streaming yang pancarkan dari dua buah drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) berukuran besar, melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia.

Ekspedisi terbagi dua, yang digawangi oleh Tim Elang Barat dan Tim Elang Timur. Elang Barat memulai perjalanannya dengan menempuh beberapa kota mulai dari Sabang, menuju Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur mengangkasa dari Merauke, bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 meter itu akan menempuh perjalanan sepanjang 8500 km. Selama melaksanakan misi programnya, drone ini akan mengeksplorasi keindahan geografis Indonesia yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel di situs www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun relay.

Pilot LAPAN Surveillance UAV (LSU) LAPAN, Satriya Arif, terlibat dalam Ekspedisi Langit Nusantara tersebut dan menjadi Tim Pilot Elang Barat. Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama LAPAN dengan salah satu hasil riset bidang penerbangan, dapat menguji kehandalan pesawat LSU, turut melakukan operasi terbang yang luar biasa jauh, sekira 8000 km dari Aceh menuju Bali.
Beberapa wawasan dapat diperoleh mulai dari operasi terbang UAV, pengaturan logistik, pengaturan jadwal, perawatan Pesawat UAV, pengenalan lingkungan, karakteristik udara dan angin sepanjang lintasan, serta pengukuran keandalan UAV buatan Indonesia yang seukuran dengan LSU-02 milik LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL