Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN-IPB Satellite Siap Diluncurkan
Penulis : RF • Media : ipb.ac.id • 03 May 2016 • Dibaca : 32728 x ,

Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan tim Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan sosialisasi persiapan peluncuran satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB Satellite (LISAT) dan empat bulan hasil operasi satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 25 April 2016 di Pusat Teknologi Satelit LAPAN, Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur Bogor, Jawa Barat.

LAPAN-IPB merupakan satelit yang memiliki berat 115 kilogram. Satelit ini membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan. Dengan kemampuannya, LAPAN-IPB akan mampu mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan. Satelit juga mengemban misi pemantauan kapal laut. Satelit ini rencananya akan diluncurkan pada 10 Juni 2016 dari Shriharikota, India.

Dalam kegiatan ini, LAPAN memaparkan mengenai persiapan peluncuran satelit-IPB, hasil pengujian pra peluncuran, persiapan operasi dan pengunaan data satelitnya. Acara ini dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Kepala LAPAN, Rektor IPB, dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Muatan pengindera satelit LAPAN-IPB yang berupa 4 bands multispectral imager beresolusi 18 meter dengan swath 100 kilometer, adalah gagasan dari IPB. Muatan inilah yang akan dimanfaatkan untuk memantau tanaman pangan.

LAPAN-A3/IPB Satellite dikembangkan atas kerjasama LAPAN dan IPB untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perancangan dan pembangunan satelit oleh bangsa Indonesia agar kita menguasai teknologi ini, baik untuk tujuan eksperimental maupun operasional. LAPAN bertanggung jawab dalam desain, pengembangan, peluncuran, sampai penerimaan data satelit. IPB bertanggung jawab dalam pengembangan algoritma, pemanfaatan, dan aplikasi data satelit untuk ketahanan pangan nasional dan monitoring lingkungan.

Pengembangan satelit ini juga merupakan upaya mewujudkan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian. Teknologi satelit akan mendukung akurasi data dalam perencanaan masa tanam lahan persawahan yang akan berimplikasi langsung pada peningkatan ketahanan pangan. Hal ini tentunya akan membantu pemerintah dalam menentukan berbagai kebijakan terkait pangan, misalnya terkait impor beras

Sumber :
http://news.ipb.ac.id/news/id/35683192358f11276ec9c2cb917ea7a9/LAPAN-IPB-Satellite-Siap-Diluncurkan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL