Kompetensi Utama

Layanan


JK Minta LAPAN Bantu Suplai Data Zona Penangkapan Ikan ke Nelayan
Penulis : Ferdinand • Media : detiknews • 18 May 2016 • Dibaca : 28220 x ,

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyokong data dari citra satelit mengenai zona potensi penangkapan ikan (ZPPI). Pemanfaatan data dapat dikoordinasikan dengan dinas terkait pemerintah daerah.

"Bapak wapres sarankan suapaya terkait data penginderaan jauh, pemanfaatannya lebih diintensifkan terkait dengan
pemantauan sumber daya alam untuk meningkatkan produktivitas pertanian, daerah mana yang cocok untuk pertanian. Termasuk juga tadi pesan zona penangkapan ikan yang sudah diberikan Lapan khususnya ke dinas-dinas perikanan di daerah. Bapak Wapres mengarahkan supaya itu lebih terbuka, supaya itu disediakan Lapan bisa dipakai seluruh nelayan yang secara mudah, murah dan cepat," kata Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin usai bertemu Wapres JK di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2016).

Lapan menurut Thomas, sedang menyiapkan sistem teknologi untuk kemudahan akses informasi bagi nelayan untuk mendapat pasokan data citra satelit khususnya terkait ZPPI.

"Ini sedang kami siapkan tentu dengan sistem yang mudah diakses, karena sekarang dengan smartphone pun akses info lebih cepat, akan diupayakan seperti itu," imbuhnya.

Untuk mendukung ZPPI, Lapan ditambahkan Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, Rika Andiarti, masih menggunakan citra dari satelit internasional. ZPPI nantinya dibuat menggunakan data suhu permukaan laut yang didapatkan dengan kamera thermal infrared.

Dalam pertemuan, Lapan melaporkan pengembangan teknologi satelit yang dioptimalkan untuk membantu data penginderaan jauh dalam pemantauan pertanian serta maritim.

"Misalkan untuk tujuan pertanian daerah mana yang cocok pertanian, kemudian juga juga informasi-informasi untuk mendukung terkait peningkatan produktivitas pertanian itu dari data-data satelit," imbuh Thomas.

Selain itu juga dilaporkan persiapan peluncuran satelit Lapan A3 pada akhir Juni di India kepada JK. Satelit Lapan A3 yang akan mengorbit secara polar dengan jangkauan ketinggian sekitar 500 km akan membantu input data citra satelit terkait pertanian dan maritim.

Satelit yang dibuat dengan biaya Rp 60 miliar ini akan mengelilingi bumi sebanyak 14 kali dan melintasi Indonesia 4 kali setiap harinya.

Sumber :
https://news.detik.com/berita/3213344/jk-minta-lapan-bantu-suplai-data-zona-penangkapan-ikan-ke-nelayan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL