Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Canggih LAPAN-A3 Diluncurkan Bulan Depan
Penulis : Yogi Bayu Aji • Media : Metrotvnews.com • 18 May 2016 • Dibaca : 21470 x ,

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan meluncurkan satelit baru LAPAN-A3 bulan depan. Satelit canggih yang memakan biaya Rp60 miliar dari APBN ini sudah dikirim ke India dan akan diluncurkan akhir Juni.

"Satelit generasi A3, LAPAN-A3 atau LAPAN IPB ini murni dibuat di fasilitas LAPAN di Ranca Bungur, Bogor," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2016).

Menurut dia, pengujian satelit ini melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Salah satu kemampuan satelit ini ada pada kameranya yang dapat menangkap objek sebesar 4 meter persegi sehingga bangunan-bangunan bisa jelas terlihat.

LAPAN-A3 akan mengorbit polar pada ketinggian 500 kilometer. Benda langit buatan manusia ini mengelilingi bumi 14 kali sehari dan melintasi Indonesia empat kali sehari.

"Dua kali siang dua kali malam," ujar Thomas.

Melalui teknologi canggih ini, LAPAN-A3 diharapkan bisa maksimal menjalankan fungsinya. Satelit berfungsi dalam pemantauan lahan, pemantauan kapal, misi ilmiah, dan rekayasa engineering.

Khusus pertanian, kata Thomas, LAPAN akan bekerja sama dengan IPB untuk mengekstrak informasi pertanian. Sementara untuk pemantauan kapal, satelit ini akan melengkapi satelit LAPAN-A2 yang sudah mengorbit September lalu.

"Satu satelit LAPAN bisa mendeteksi 2,4 juta kapal secara global. Nanti dengan satelit LAPAN-A2 dan LAPAN-A3 itu informasinya bisa lebih akurat lagi karena lebih sering melintasnya," jelas dia.

LAPAN-A3 pada misi ilmiah akan mengukur medan magnet bumi. Sementara pada misi rekayasa engineering, satelit akan menjadi wadah eksperimen peralatan yang dikembangkan enginer LAPAN.

"Ada dua (alat yang diuji) yaitu sensor bintang untuk mengarahkan sikap dari satelit tersebut dan untuk pengendalian satelit. Jadi ini ada dua hasil rekayasa enjiner LAPAN yang diujikan. Kalau ini berhasil ini akan terus dikembangkan untuk generasi satelit berikutnya," ucap dia.

LAPAN-A3 akan menjadi suksesor dua setelit sebelumnya, yakni LAPAN-A1 yang diluncurkan pada 2007 dan LAPAN-A2 yang mengorbit sejak 2015.

Sumber :
http://news.metrotvnews.com/news/GNGXMepb-satelit-canggih-lapan-a3-diluncurkan-bulan-depan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL