Kompetensi Utama

Layanan


Luncurkan Satelit A3, Lapan sebut bisa pantau kapal asing
Penulis : Faiq Hidayat • Media : Merdeka.com • 18 May 2016 • Dibaca : 23770 x ,

Merdeka.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit Lapan A3/LAPAN-IPB di India pada akhir bulan Juni nanti. Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menyampaikan, peluncuran satelit Lapan A3 tersebut membawa empat misi yakni pemantauan lahan khususnya pertanian, pemantauan kapal, scientific pengukuran medan magnet, dan misi uji rekayasa komponen.

"Lapan dan India sudah mempunyai kerja sama, sehingga sebut saja biaya peluncuran itu lebih murah dan kalau sudah ada kerja sama itu dari segi prosedur pun relatif lebih mudah," kata Thomas usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantornya, Jakarta, Rabu (18/5).

Misi kedua satelit Lapan A3, menurutnya, misi pemantauan kapal dengan melengkapi data yang diperoleh dari satelit Lapan A2 dapat mendeteksi 2,4 juta kapal. Diluncurkannya satelit Lapan A3 dapat memberikan informasi yang lebih akurat karena satelit tersebut akan lebih sering melintas.

Tak hanya itu, misi ketiga kata dia pengukuran medan magnet bumi. Dan misi ke empat yakni misi uji eksperimen peralatan yang dikembangkan oleh insinyur Lapan.

"Jadi sebut saja misi yang sesuai dengan keinginan kita itu lebih mudah teridentifikasi karena kelebihan dari satelit lapan A2 dan lapan A3 ini kamera bisa diarahkan dan dikendalikan dari bumi mengarah pada objek yang diinginkan. Selain untuk menghindari awan karena problem kita di Indonesia itu awan itu mengganggu pengambilan citra satelit," kata dia.

Sementara itu, kata dia pembuatan satelit Lapan A3 menghabiskan sekitar Rp 60 miliar dengan memakai dana APBN. Untuk pembuatan satelit Lapan A1 memakai dana sekitar Rp 35 miliar dan satelit Lapan A2 sekitar Rp 50 miliar.

"Jadi walaupun ini kelasnya kelas satelit mikro, tapi tahapan penguasaan teknologi satelitnya nanti kemudian secara bertahap tentu dengan ketersediaan anggaran kami mengembangkan satelit yang lebih besar operasional," tandasnya.

Sumber :
http://www.merdeka.com/peristiwa/luncurkan-satelit-a3-lapan-sebut-bisa-pantau-kapal-asing.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL