Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Akan Luncurkan Satelit LAPAN A3, Ini Kecanggihannya
Penulis : Rizki Supermana • Media : rri.co.id • 18 May 2016 • Dibaca : 28919 x ,

KBRN, Jakarta : Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menyatakan, Indonesia akan kembali meluncurkan satelitnya yang bernama Satelit LAPAN A3 pada Juni 2016 mendatang di India. Thomas Djamaluddin mengungkapkan, Satelit LAPAN A3 murni dirakit dan dibuat oleh Indonesia dengan menghabiskan dana sekitar Rp. 60 Milyar. Sebelumnya LAPAN juga telah meluncurkan Satelit LAPAN A1 dan Satelit LAPAN A2.

" LAPAN dan India sudah mempunyai kerjasama, biaya peluncuran itu lebih murah, dan kalau sudah ada kerjasama itu dari segi prosedur pun relatif lebih mudah, LAPAN A3 atau LAPAN IPB itu diluncurkan Juni 2016," ungkap Thomas Djamaluddin kepada wartawan, usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Thomas Djamaluddin menjelaskan, terdapat 4 kecanggihan dari Satelit LAPAN A3 ini yaitu setelit ini digunakan untuk pemantauan lahan-lahan khususnya lahan pertanian, sehingga Pemerintah dapat menata tata agraria dan tata ruang secara ideal. Satelit A3 ini dapat digunakan untuk memantau jumlah kapal dan pergerakan kapal di perairan Indonesia, sehingga dapat mendorong progam Pemerintah untuk memberantas penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) di perairan Indonesia.

Kepala LAPAN ini menambahkan, Satelit LAPAN A3 dapat manfaatkan oleh peneliti untuk mengetahui geomagnet, agar memudahkan pengukuran kondisi keadaan bawah permukaan bumi. Selain itu, Satelit A3 juga dapat digunakan untuk uji rekayasan komponen untuk mendorong kemandirian uji komponen satelit.

" Misinya empat, satu pemantauan lahan, khususnya pertanian, kedua pemantauan kapal, ketiga misi scientific untuk pengukuran geomagnet, keempat misi uji rekayasa komponen," kata Thomas Djamaluddin

Sumber :
http://www.rri.co.id/post/berita/276121/nasional/lapan_akan_luncurkan_satelit_lapan_a3_ini_kecanggihannya.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL