Kompetensi Utama

Layanan


Keren...Lapan Luncurkan Satelit Buat Mudahkan Petani
Penulis : jun/c9/ttg • Media : jawapos.com • 19 May 2016 • Dibaca : 21305 x ,

JawaPos.com - Pengembangan satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) diarahkan ke teknologi yang lebih dekat dengan kebutuhan masyarakat.

Pada akhir Juni mereka akan meluncurkan satelit Lapan-A3 yang mampu mengawasi lahan pertanian dan lalu lintas kapal di seluruh wilayah Indonesia.

Pemantauan lahan pertanian itu diperlukan untuk memaksimalkan manajemen distribusi pupuk. Data dari satelit tersebut akan memberikan gambaran yang jelas daerah yang baru memasuki musim tanam hingga akan panen.

Data itu bakal dianalisis untuk menentukan strategi penyebaran pupuk yang merata. Satelit Lapan-A3 memang hasil kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menjelaskan, satelit tersebut punya kamera khusus yang bisa diarahkan ke suatu daerah. Daya jangkaunya bisa merekam objek sepanjang 4 meter.

Meskipun jarak satelit itu dengan bumi mencapai 500 kilometer.

"Mana daerah yang baru tumbuh padi sampai panen bisa terlihat. Jadi, manajemen pupuk dan prediksi panen bisa diketahui lebih awal," ujar Thomas setelah bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla kemarin (18/5).

Selain fokus di pertanian, satelit dengan biaya pengembangan mencapai Rp 60 miliar tersebut bisa memantau pergerakan kapal. Itu ditujukan untuk keperluan pertahanan dan keamanan. Pada 2015 lembaga tersebut meluncurkan Lapan-A2.

Satelit itu punya kemampuan mengawasi pergerakan kapal. Tapi, daya jangkaunya hanya sekitar 2,4 juta kapal. Nah, dengan satelit Lapan-A3, kemampuannya bisa berlipat.

Selama ini pengembangan satelit masih terkendala pendanaan. Lapan pun hanya bisa membuat satelit mikro.

Satelit Lapan-A3 berukuran setinggi 60 cm. Anggaran yang dimiliki Lapan dalam setahun kurang dari Rp 1 triliun.

Thomas menjelaskan, saat bertemu dengan wakil presiden, pihaknya dijanjikan mendapat pendanaan lebih banyak. Tapi, Lapan harus dapat membuktikan bahwa teknologi yang dikembangkan itu bisa lebih berdampak pada masyarakat.

"Termasuk pendataan sumber daya alam dengan lebih cepat," imbuhnya.

Saat ini satelit Lapan-A3 sudah berada di India. Satelit tersebut akan diluncurkan dengan roket yang dibuat pemerintah India.
Indonesia memang belum bisa membuat peluncur roket sendiri.

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa Lapan Rika Andiarti menerangkan bahwa India sudah bekerja sama dengan Indonesia. Bahkan, negara Bollywood itu bekerja sama dengan Indonesia untuk pengendalian satelit.

"Tahun ini India juga ingin membuat rekor peluncuran 22 satelit dalam satu roket," ucap dia

Sumber :
http://www.jawapos.com/read/2016/05/19/29227/kerenlapan-luncurkan-satelit-buat-mudahkan-petani








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL