Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Laporkan Peluncuran Satelit Baru kepada Wapres
Penulis : Mohammad Arief Hidayat, Agus Rahmat • Media : Viva.co.id • 18 May 2016 • Dibaca : 21505 x ,

Lembaga itu juga memaparkan tentang satelit Lapan A2 dan A3.

VIVA.co.id - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, melaporkan perkembangan teknologi pesawat tanpa awak yang mereka kembangkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pengembangan pesawat tanpa awak itu menjadi salah satu program Lapan.

"Yang kami laporkan terkait pengembangan teknologi aeronautika, melaporkan pesawat transport N-219 dan pesawat tanpa awak," kata Thomas di kantor Wakil Presiden, Jakarta, pada Rabu, 18 Mei 2016.

Program pengembangan pesawat tanpa awak itu, menurutnya, mendapat tanggapan positif dari Kalla. Lapan bahkan diminta mengembangkannya untuk segera dimanfaatkan karena dinilai lebih efisien.

"Sehingga pemantauan dan fungsi-fungsi lain yang sebelumnya gunakan pesawat bisa digantikan pesawat tanpa awak," kata Thomas.

Dalam pertemuan itu, Thomas juga memaparkan kepada Kalla tentang satelit Lapan A2 yang saat peluncurannya pada 2015 dihadiri Presiden Joko Widodo. Selain itu juga rencana peluncuran satelit Lapan A3 pada Juni 2016.

Mengenai pengembangan teknologi satelit ini, Thomas mengatakan bahwa Wapres meminta lembaganya bisa memanfaatkan juga pada sektor-sektor lain.

"Misalkan, untuk tujuan pertanian, daerah mana yang cocok untuk pertanian. Informasi-informasi untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian itu dari data-data satelit," katanya.

Sumber :
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/774076-lapan-laporkan-peluncuran-satelit-baru-kepada-wapres








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL