Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Lapan Emban Empat Misi
Penulis : Deo/H2 • Media : Mediaindonesia.com • 19 May 2016 • Dibaca : 23853 x ,

LEMBAGA Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit Lapan A3/IPB di Bandar Antariksa Sriharikota, India, akhir Juni nanti. Satelit terbaru Lapan yang dirakit bersama peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) itu akan mengemban empat misi utama.

"Pertama, pemantauan lahan pertanian. Ini kerja sama dengan IPB. Nanti peneliti IPB yang akan mengekstrak informasi pertanian," ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin seusai bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, kemarin (Rabu, 18/5).

Kedua, misi pemantauan lalu lintas kapal di laut global. Dalam misi ini, satelit Lapan A3/IPB akan membantu pengumpulan data satelit Lapan-A2 yang sudah mengorbit pada September 2015.

"Satu satelit Lapan bisa mendeteksi 2,4 juta kapal secara global. Dengan (mengorbitnya) satelit Lapan-A2 dan Lapan-A3 itu informasinya bisa lebih akurat lagi karena (satelit) akan lebih sering melintasnya," imbuhnya.

Ketiga, misi scientific untuk pengukuran medan magnet bumi dan terakhir, misi uji coba rekayasa komponen. Terkait dengan misi terakhir, Thomas menjelaskan, Lapan akan menguji sensor bintang pada satelit Lapan A3/IPB yang berfungsi mengarahkan sikap satelit dan fungsi pengendalian satelit.

"Jadi ini ada dua hasil rekayasa engineering Lapan yang diujikan. Kalau ini berhasil nanti akan terus dikembangkan untuk diigunakan generasi satelit berikutnya," ujar dia.

Thomas mengatakan satelit Lapan A3/IPB merupakan karya anak bangsa yang diciptakan di fasilitas Lapan. Dalam pengujiannya, Lapan melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Untuk membuat satelit Lapan A3/IPB, Lapan menghabiskan dana sekitar Rp60 miliar. Adapun satelit pendahulunya, yakni Lapan A1 dan Lapan A2 berturut-turut menghabiskan dana Rp35 miliar dan Rp50 miliar untuk pembuatannya.

Salah satu kecanggihan satelit tersebut terletak pada kameranya yang dapat menangkap objek sebesar 4 meter persegi. Bangunan-bangunan yang tertangkap kamera satelit bisa terlihat jelas.

Dijelaskan Thomas, satelit Lapan A3/IPB akan mengelilingi bumi 14 kali sehari pada ketinggian 500 km. Satelit itu juga akan melintasi Indonesia sebanyak empat kali sehari. "Dua kali siang, dua kali malam," ujar Thomas.


Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/news/read/46167/satelit-lapan-emban-empat-misi/2016-05-19








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL