Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Teknologi Roket di Ajang Kompetisi Roket Air Se-Jabodetabek
Penulis Berita : Humas/Riri • Fotografer : Humas/Fir • 19 May 2016 • Dibaca : 9788 x ,

Foto Bersama Para Pemenang Lomba Roket Air di Universitas Pancasila

Berbagai ajang kompetisi roket air diselenggarakan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keantariksaan. Kali ini, Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila menyelenggarakan kompetisi roket air se-Jabodetabek pada tanggal 18-19 Mei 2016. Kegiatan berlangsung di Kampus Universitas Pancasila, Jakarta, dengan mengusung tema “Science Smart Innovation For Indonesian Better”. Kegiatan tersebut diikuti oleh para pelajar dari sejumlah sekolah menengah tingkat atas maupun kejuruan.

Pada kesempatan tersebut, LAPAN melakukan sosialisasi tentang hasil riset LAPAN, terutama penelitian dan pengembangan teknologi peroketan. Sosialisasi dipaparkan oleh Firmanullah, perwakilan dari Humas LAPAN. Firmanullah menyampaikan perkembangan roket LAPAN dengan berbagai tipe dan jenisnya, antara lain RX-350, RX-450, dan RX-550. Ia juga menginformasikan rencana pelaksanaan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo), sebagai kompetisi tahunan, yang pada tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2016, di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Pada sesi workshop, LAPAN berpartisipasi dengan memberikan paparan tentang teknologi peroketan dan panduan pembuatan roket air, yang disampaikan oleh para peneliti Pusat Teknologi Roket. Paparan tentang bagian-bagian roket dan fungsinya masing-masing dijelaskan oleh Kurdianto. Ia menyampaikan tentang perkembangan teknologi roket saat ini yang sudah berkembang cukup pesat.

Adapun teknis pembuatan roket air dipandu langsung oleh Salman. Peserta lomba diarahkan tentang cara membuat roket air dari alat dan bahan yang sudah disiapkan oleh masing-masing peserta, seperti tiga (3) botol dengan ukuran satu (1) liter, plastik infraboard/ kardus, lakban bening besar, dan lem. Sedangkan Nosel roket, sebagai alat mekanik yang digunakan untuk mengontrol arah dan kerakteristiknya disediakan oleh LAPAN.

Usai pembuatan roket air, peserta lomba diarahkan ke lapangan Fakultas Ekonomi, sebagai lokasi pelaksanaan peluncuran roket air yang telah dibuat tersebut. Pada rangkaian perlombaan ini, para peneliti LAPAN terlibat langsung sebagai Tim Juri untuk melakukan penilaian. Di akhir acara, muncul sebagai Pemenang Pertama, SMA Negeri 1 Depok dengan nilai jarak terjauh saat peluncuran. Sedangkan Pemenang Kedua dan Ketiga, secara berurutan SMA Advent Jakarta dan SMA Islam Cikal Harapan, Tangerang.


Peserta Lomba Sedang Mempersiapkan Peluncuran Roket Air



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL