Kompetensi Utama

Layanan


Pengawasan dan Pengayaan Arsip di Lingkungan LAPAN, Menuju Tertib Pengelolaan Arsip
Penulis Berita : Humas/SGD • Fotografer : Humas/SGD • 24 May 2016 • Dibaca : 27111 x ,

Foto bersama para peserta bimtek pengawasan kearsipan dan pengayaan arsiparis LAPAN. (inset : Sekretaris Utama LAPAN memberikan ucapan terima kasih kepada Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Anri).

Arsip perlu diawasi dengan seksama, LAPAN memerlukan hal tersebut karena semakin hari hasil litbang LAPAN terus meningkat. Sejalan dengan hal tersebut, arsiparis diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Kerjasama, Hubungan Masyarkat, dan Umum LAPAN, Christianus R. Dewanto dalam acara pengayaan ketrampilan arsiparis LAPAN bersama dengan ANRI, Selasa (24/5). Acara bertema Pengawasan Kearsipan Menuju Tertib Pengelolaan Arsip LAPAN tersebut berlangsung pada 24 hingga 25 Mei 2016 di Hotel Neo Green Savana Sentul CIty, Bogor.

Chris melanjutkan, berbagai macam hal mengenai LAPAN misalnya Undang-Undang Keantariksaan, desain satelit, pesawat tanpa awak, citra satelit, dan pemodelan atmosfer harus dijaga dan disimpan dengan baik. Arsip merupakan informasi penting misalnya dalam perencanaan pengambilan keputusan, sebagai bukti sejarah, dan pertanggungjawaban. Dengan demikian, arsip harus dikelola dengan baik sehingga ketika dibutuhkan arsip selalu siap.

“Wawasan mengenai pengawasan arsip juga harus dipahami arsiparis serta para struktural guna menunjang laporan kinerja, serta memberikan laporan kearsipan. Bekal mengenai pengawasan kearsipan diberikan kepada lembaga pencipta arsip agar tercipta pengelolaan arsip yang baik. Selain itu, pengawasan arsip juga agar tercipta arsip yang otentik. Arsip adalah Perlindungan kepentingan negara serta keamanan keselamatan arsip otentik tersebut.” Ujarnya.

Sekretaris Utama LAPAN, I.L. Arisdiyo dalam arahannya, mengungkapkan bahwa sejarah itu penting. Arsip sangat dibutuhkan bahkan menjadi ujung tombak suatu instansi. Ia juga mengatakan bahwa, LAPAN juga memiliki keinginan untuk membangun gedung khusus arsip di Rumpin, Bogor.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Utama memberikan contoh arsip citra satelit yang digunakan untuk memberikan bukti otentik suatu daerah. Terkait dengan pengawasan arsip, ia mengatakan bahwa LAPAN sangat membutuhkan hal tersebut karena memiliki banyak hasil litbang dan akan terus meningkatkan inovasi litbang yang dihasilkan.

Arsip harus dipelihara karena sebagai identitas bangsa. Arsip merupakan memori kolektif bangsa dan bahan pembelajaran bagi generasi mendatang. Hal tersebut dipaparkan oleh Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional RI (Anri). Untuk menjaga arsip diperlukan pembangunan sistem pengelolaan yang meliputi empat pilar dan pedoman penyelenggaraan kearsipan, ketersediaan SDM kearsipan, penataan arsip, ketersediaan sarana dan prasarana, dan aplikasi pengelolaan arsip.

Selain itu juga diperlukan pengawasan kearsipan yang merupakan proses kegiatan dalam menilai kesesuaian antara prinsip, kaidah, dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan. Pengawasan dilakukan berdasarkan jenisnya yaitu pengawasan kearsipan eksternal dan internal. Rudi juga mengatakan bahwa, kelalaian di bidang arsip akan diberikan sanksi administratif atau bahkan pidana karena sudah tertuang dalam UU Kearsipan.

Arsip dalam Pasal 1 UU No 43 Tahun 2009 merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa. Rudi menjelaskan, rekaman tersebut dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Hak keperdataan rakyat juga diarsipkan, selain itu, arsip juga berfungsi sebagai alat bukti hukum,” ujarnya.

Pada kegiatan ini juga terbentuk Forum Komunikasi Arsiparis LAPAN (FOKAL) dengan Ketua Sudiyanto, Wakil Ketua Sumantri dan, Sekretaris Royati. Sementara itu, Sekretaris Utama berperan sebagai penasihat dan Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat dan Umum sebagai pembina. Forum ini bermanfaat sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi kearsipan, meningkatkan mutu SDM di bidang kearsipan, meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan, serta mempermudah komunikasi baik internal maupun dengan arsiparis di instansi lain.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL