Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan Airbus Defence and Space Gelar Seminar aplikasi Satelit untuk Kehutanan dan Pertanian
Penulis Berita : Humas/Yun • Fotografer : Humas/Yun • 24 May 2016 • Dibaca : 29666 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN saat memberikan sambutan dalam seminar.

LAPAN memiliki fungsi terkait penginderaan jauh, baik dalam penyediaan, pengelolaan dan pengolahan data, serta pemanfaatannya. Untuk itu, dalam upaya mengoptimalkan fungsi tersebut, LAPAN bekerja sama dengan Airbus Defence and Space menyelenggarakan seminar pemanfaatan data Landsat8, Spot6/7 dan TerraSAR-X untuk aplikasi kehutanan dan pertanian.

Kegiatan dengan judul “Airbus Defence and Space Geo-Intelligence Capacity Building Seminar: Utilization of Remote Sensing Satellite Data for Forestry and Agriculture” ini diselenggarakan di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, Selasa (24/5).

Dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, mengatakan bahwa Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN memiliki target agar sebelum 2019 bisa bekerja sama dengan 34 Provinsi di Indonesia. Sampai saat ini sudah tercapai 11 penandatanganan dengan pemerintah daerah. Kerjasama ini dibangun agar dapat bermanfaat secara optimal di Indonesia karena pemerintah daerahlah yang paling mengetahui daerahnya atau local condition.

Orbita menambahkan bahwa menyediakan data secara nasional memerlukan anggaran yang sangat besar dan sumber daya manusia. Untuk, itu LAPAN akan berupaya untuk memberikan yang terbaik. Ia juga menyampaikan mengenai hasil dari salah satu program capacity building kerja sama dengan Airbus yang diberikan kepada pegawai LAPAN.

Seminar ini menghadirkan dua pembicara yaitu Analis Pemanfaatan Produk Teknologi Dirgantara, Zylshal dan Galdita Aruba Chulafat dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN. Sementara itu, dalam sesi diskusi seminar ini dipimpin oleh Kepala Pusfatja. Diskusi tersebut menarik minat berbagai kementerian untuk menginisiasi kerja sama dengan LAPAN.

Presenter pertama membahas mengenai monitoring deforestasi dengan menggunakan data satelit optis. Data satelit yang digunakan berasal dari berbagai sensor, seperti Landsat 4, 5, 8, SPOT 5, dan Sentinel 2. Citra penginderaan jauh ini dapat digunakan untuk memantau vegetasi. Ia juga mengatakan bahwa penginderaan jauh dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengawasi perubahan hutan secara terus menerus. Namun adanya awan yang menutupi wilayah yang dipantau menjadi tantangan bagi perolehan data. Untuk mengatasinya, dapat digunakan data satelit radar untuk pemantauan deforestasi.

Pada presentasi kedua dipaparkan mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam pemantauan wilayah pertanian. Pemantauan wilayah pertanian ini penting karena beras merupakan bahan pokok makanan di Indonesia. Kebutuhan beras harus selalu diawasi untuk menjaga kestabilan persediaan makanan di Indonesia. Tidak seperti pada presentasi sebelumnya yang menggunakan data optis, dalam monitoring ini menggunakan TerraSAR-X yang merupakan data radar.

Data radar mampu menembus awan sehingga dapat dimanfaatkan untuk pemantauan di wilayah Indonesia yang relatif banyak awan. Airbus memberikan telah pelatihan dalam mengolah data yang di hasilkan TerraSAR-X tersebut. Dengan berbekal pengetahuan tersebut maka terbuka untuk kementerian maupun pemerintah daerah untuk bersama-sama memperkuat kemampuan agar dapat dimanfaatkan untuk Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh pemerintah daerah dari Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Jawa tengah serta seluruh peserta seminar. Peserta seminar terdiri dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Pertanian, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL