Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan Aeroterrascan Rencanakan Kerja Sama Riset Pesawat Tanpa Awak
Penulis Berita : Humas/Riri • Fotografer : Humas/Riri • 26 May 2016 • Dibaca : 7989 x ,

Suasana Rapat Penjajakan LAPAN dengan Aeroterrascan

Kamis (26/05), Tim Aeroterrascan berkunjung ke Kantor Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN di Rumpin, Bogor. Kunjungan tim yang bernaung di bawah PT. Aero Terra Indonesia ini bermaksud untuk menjajaki kerja sama riset dalam upaya pengembangan teknologi pesawat tanpa awak atau biasa dikenal dengan teknologi Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Sekilas mengenal Aeroterrascan, merupakan perusahaan pembuat pesawat tanpa awak dalam negeri yang mampu merancang, memproduksi dan menerbangkan pesawat tanpa awak yang berdiri sejak tahun 2010. Diharapkan, jalinan kerja sama dengan perusahaan tersebut, dapat meningkatkan kapasitas sumber daya yang dimiliki LAPAN dalam mengembangkan riset ilmu pengetahuan dan teknologi UAV.

Dalam pertemuan tersebut, Tim Aeroterrascan memaparkan kompetensi yang dimiliki perusahaannya di hadapan para peneliti bidang terkait di LAPAN. Sesuai potensi kerja sama, pemaparan tersebut dihadiri oleh para peneliti di Pustekbang dan Pusat Sains Teknologi Atmosfer (PSTA). Beberapa hal didiskusikan untuk menampung masukan dalam upaya menindaklanjuti ke dalam jalinan kerja sama, antara lain pembahasan mengenai ketinggian, suhu dan arah angin di dalam melakukan penerbangan UAV.

Sebagai tindak lanjut, kedua pihak menyepakati beberapa misi kegiatan. Pelaksanaan uji troposferic akan dilakukan pada Bulan Mei, sedangkan penerbangan probe dan penerbangan stratosfer akan dilaksanakan pada Bulan Juni. Selanjutnya, dari hasil pengujian tersebut akan dilakukan interpretasi data dan evaluasi untuk pembuatan laporan.

Sehubungan implementasi kerja sama, saat ini, Aeroterrascan sudah memiliki peralatan, tenaga ahli, dan materi publikasi untuk mendukung kegiatan riset LAPAN. Sementara LAPAN membutuhkan dukungan peningkatan kapasitas sumber daya manusia semacam asistensi, kerja sama riset, serta dukungan perijinan, dan publikasi. Hasil diskusi ini merupakan tahap awal yang telah dilakukan dan akan diproses lebih lanjut mengenai kerja sama yang akan diimplementasikan oleh keduanya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL