Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Bantu Nelayan Lacak Lumbung Ikan
Penulis : Redaksi • Media : harianrakyatbengkulu.com • 25 May 2016 • Dibaca : 22639 x ,

BENGKULU – Dalam waktu dekat, nelayan Bengkulu tak lagi kesulitan menghabiskan waktu dan biaya mencari ikan di laut. Dengan teknologi yang dimilikinya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bisa melacak lumbung ikan.

Alhasil, nelayan tak perlu lagi berkeliling samudera. Nelayan cukup mendatangi titik koordinat ikan berkumpul. Hal ini terungkap saat penandatanganan kontrak kerjasamaantara Lapan dan Pemprov Bengkulu di ruang pola Bappeda Provinsi, kemarin (24/5).

Kerjasama ini dinilai menguntungkan Bengkulu, khususnya di bidang kemaritiman. “Nelayan akan dibantu satelit untuk mengetahui mana lokasi yang banyak ikannya,” kata Kepala Lapan Prof. Dr. Thomas Djamaludin, M.Sc.

Penggunaan teknologi ini juga bisa dilakukan di sektor pertanian. Misalnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani bidang pertanian ingin memantau perkembangan dan pertumbuhan padi di suatu wilayah, baik yang baru memulai menanam sampai yang sudah panen.

“Biasanya ini digunakan untuk memanajemen penyebaran atau distribusi pupuk oleh pemerintah, sehingga bisa memperkirakannya,” jelas Thomas.

Dengan memanfaatkan sains dan teknologi, lanjut Thomas, juga bisa dimanfaatkan dalam peningkatan pajak. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang seringkali menyembunyikan objek pajak. Misalnya perusahaan perkebunan dan pertambangan yang seharusnya ada wilayah yang harus terkena pajak, tetapi dalam laporannya lokasi itu tidak disertakan.

“Dengan menggunakan satelit tentu tidak bisa dibohongi lagi. Akan ketahuan berapa luasnya, sesuai tidak dari luas yang dilaporkan dengan yang sebenarnya,” lanjutnya.

Selain itu, kecanggihan teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk mengungkapan kasus-kasus narkoba. Baru-baru ini Badan Narkotika Nasional (BNN) juga telah melapor untuk minta Lapan melakukan memantau ganja.

“Ganja ini kan sifatnya tersembunyi di dalam hutan. Dengan memanfaatkan satelit, kita bisa langsung melihatnya,” demikian Thomas.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Drs. H. Sumardi, MM mengatakan, kerjasama berlangsung selama lima tahun kedepan. “Teknologi ini sangat membantu. Didorong Lapan, Bengkulu bisa menjadi destinasi wisata yang besar,” ujar Sumardi.

Sumber :
http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2016/05/25/lapan-bantu-nelayan-lacak-lumbung-ikan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL